Buat yang Kangen Kuliner Minang Ke Ancol Aja Yuk

Festival ini diselenggarakan selama empat hari mulai tanggal 10– 13 Mei 2018 di Pantai Lagoon Ancol, Jakarta Utara.

Buat yang Kangen Kuliner Minang Ke Ancol Aja Yuk
Festival Ancol Minangkabau 

MENYAMBUT Bulan Suci Ramadhan dan juga bertepatan dengan libur panjang, Taman Impian Jaya Ancol mempersiapkan sebuah rangkaian acara bertema kebudayaan asal Sumatra Barat bertajuk 'Ancol Kampoeng Minangkabau Festival 2018'.

Festival ini diselenggarakan selama empat hari mulai tanggal 10– 13 Mei 2018 di Pantai Lagoon Ancol, Jakarta Utara.

Pada perhelatan ini, dapat ditemui semua unsur kebudayaan dan kesenian khas Minangkabau seperti Arak-Arakan, Tambua Tansa dan Makan Bajamba, Rabab Tradisional, Salawat Dulang Tradisional, Festival 1000 Randai, Permainan Tradisional KIM, serta Tarian Tradisional.

Acara ini juga dimeriahkan oleh penampilan dari Kintani (Penyanyi dari Padang), Youtuber Minang (YTM), dan Dayukoto (Rapper Minang).

Selain itu selama empat hari ini pengunjung dimanjakan dengan sajian kuliner khas Minangkabau yang terkenal memiliki rasa pedas dari penggunaaan bumbu khas dan rempah-rempah.

Sebut saja nasi kapau, rendang, itiak lado hijau dan sate danguang-nguang tersaji dalam festival ini. Tidak ketinggalan jajanan seperti es tebak, martabak hayuda, lontong kapua dan bika amak juga akan dapat ditemui oleh pengunjung.

Salah satu kuliner yang tak kalah menarik untuk dicoba yaitu Teh Talua (Teh Telor). Ini merupakan salah satu minuman khas Minangkabau yang bahan dasarnya terbuat dari kuning telor dan gula yang dikocok secara bersamaan hingga mengembang, lalu ditambahkan dengan air teh yang bewarna pekat.

Pada festival ini juga digelar 'Parade Kocok Teh Talua' yang pasti unik dan seru untuk disaksikan.

“Kami harapkan hadirnya Kampoeng Minangkabau dapat menjadi salah satu wadah untuk memamerkan dan memperkenalkan kebudayaan Indonesia khususnya Minang kepada masyarakat Jakarta dan sekitarnya. Karena budaya Indonesia sangat kaya, jadi harus diperkenalkan kepada masyarakat pengunjung Ancol agar tetap lestari,” ucap Teuku Sahir Syahali, Direktur Rekreasi PT Taman Impian Jaya Ancol.

Ancol Kampoeng Minangkabau Festival 2018 merupakan salah satu konten dari tema yang sudah diusung Ancol dari awal tahun yaitu Pesona Indonesiaku. Sebelumnya telah diselenggarakan Ancol Ogoh-Ogoh Festival yang berasal dari kebudayaan Bali.

Selanjutnya akan digelar pula festival lainnya seperti festival kebudayaan betawi, festival kuliner nusantara dan juga Asian Festival dalam rangka menyambut HUT Jakarta dan perhelatan Asian Games 2018.

Penulis: Hamdi Putra
Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help