Koran Warta Kota

Besok, Sepanjang Sudiman Hingga Istana Merdeka Dipenuhi Ribuan Buruh

Konfederasi Rakyat Pekerja Indonesia (KRPI) menyatakan, sebanyak 50.000 buruh akan ikut dalam aksi May Day itu.

Besok, Sepanjang Sudiman Hingga Istana Merdeka Dipenuhi Ribuan Buruh
Koran Warta Kota
Headline Warta Kota edisi Senin, 30 April 2018 

PERINGATAN Hari Buruh Internasional pada Selasa, 1 Mei 2018, besok akan diwarnai dengan aksi demonstrasi besar-besaran para buruh.

Mereka akan menggeruduk ke depan Istana Merdeka di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta pusat.

Konfederasi Rakyat Pekerja Indonesia (KRPI) menyatakan, sebanyak 50.000 buruh akan ikut dalam aksi May Day itu.

Ketua Umun KPRI Rieke Diah Pitaloka mengatakan, massa buruh akan menggelar konvoi dengan berjalan kaki mulai dari Patung Kuda menuju depan Istana Merdeka.

"Pekerja Rakyat Indonesia dari berbagai elemen sektor industri dan pelayan publik memutuskan bergabung untuk menyuarakan hal-hal elementer bagi perbaikan rakyat pekerja Indonesia secara komprehensif," ujar Rieke dalam konfrensi pers di Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (29/4).

Menurut Rieke, aksi mereka menuntut pemerintah memperbaiki kebijakan yang selama ini dianggap merugikan buruh dan hanya menguntungkan kalangan industri.

Suriawan KASN (kiri), Rieke Diah Pitaloka Ketua Umum KRPI (tengah), Saiful Tavip OPSI (kanan), saat konpers jelang peringatan Hari Buruh Nasional di Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (29/4/2018).
Suriawan KASN (kiri), Rieke Diah Pitaloka Ketua Umum KRPI (tengah), Saiful Tavip OPSI (kanan), saat konpers jelang peringatan Hari Buruh Nasional di Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (29/4/2018). (Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha)

Tuntutan tersebut dirangkum menjadi maklumat yang terdiri dari lima poin yang disebut Panca Maklumat Rakyat Pekerja.

"Kami mendesak bapak Presiden untuk segera untuk membentuk Badan Riset Nasional, agar Indonesia memiliki blueprint pembangunan industri yang menyeluruh, dengan menempatkan rakyat Indonesia sebagai subjek di hulu, tengah, dan hilir pembangunan industri nasional," kata Rieke saat membacakan isi maklumat di Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (29/4).

Maklumat Rakyat Pekerja tersebut nantinya akan dibacakan di depan Istana. Tujuan akhir dari tuntutan mereka adalah kesejahteraan buruh di Indonesia.

"Selama ini belum ada roadmap menyeluruh yang inline dengan ketenagakerjaan. Kemarin diluncurkan industry 4.0. Kami sangat mendukung Indonesia menjadi negara industri tapi dengan dasar riset nasional," ujer Rieke.

Halaman
1234
Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help