Petarung MMA Putri Indonesia, Priscilla: Suatu Hari Saya Akan Jadi Juara Dunia

Terdapat ambisi yang memenuhi dirinya termasuk berlaga di Kejuaran Dunia ONE Women’s Atomweight.

Petarung MMA Putri Indonesia, Priscilla: Suatu Hari Saya Akan Jadi Juara Dunia
ISTIMEWA
Petarung wanita Indonesia, Priscilla Hertati Lumban Gaol. 

BERTAHUN-tahun olah raga seni bela diri campuran atau Mixed Martial Art (MMA) dipandang sebelah mata dan minim peminat dari kalangan perempuan yang terjuns ebagai petarung professional.

Walaupun sudah banyak petarung-petarung wanita dunia mengambil kesempatan dalam laga yang didominasi para kaum pria ini, tetapi masih banyak yang bersikap konservatif terhadap olah raga yang terus berkembang ini terutama di Asia.

Hal itu diungkapkan petarung wanita Indonesia, Priscilla Hertati Lumban Gaol.

Ketika Priscilla menceritakan kepada teman-temannya ataupun lingkungannya mengenai apa yang dilakukannya dalam hal mencari nafkah maka tidak sedikit yang memandangnya cukup aneh.

Sebenarnya sudah banyak yang kagum dengan karir professional di dunia seni beli diri campuran ini, tetapi masih ada saja yang menganggapnya kurang pantas seorang wanita berlaga di ring MMA, bahkan keluarganya sendiri menyuruhnya untuk berhenti saja.

“Beberapa teman sih dukung saya. Tapi ada juga yang tanya, ‘kapan kamu berhenti? Kan lebih baik cari kerjaan lain dari pada berlaga, karena umur kamu terus bertambah loh.’ Keluarga saya perhatian sekali terhadap keselamatan saya,” kata Priscilla. 

Petarung wanita Indonesia, Priscilla Hertati Lumban Gaol.
Petarung wanita Indonesia, Priscilla Hertati Lumban Gaol. (ISTIMEWA)

Priscilla sedikit demi sedikit telah menepis reputasi negatif terhadap wanita berlaga di olah raga baku hantam semenjak dia terjun melakukan latihan bela diri seperti kickboxing dan wushu.   

Walaupun dia telah berhasil menjadi juara dunia wushu dan membanggakan negaranya, tetap saja persepsi negatif itu belum juga sirna dari dirinya.

Setelah kariernya menajajaki di dunia seni bela diri campuran lebih setahun yang lalu, Priscilla berpendapat bahwa seorang perempuan tetap bisa memiliki kesempatan untuk sukses di olah raga yang telah didominasi kaum pria ini selama 25 tahun dan itu bukanlah sesuatu yang mustahil.

“Saya akan terus berkampanye kepada siapapun yang tidak mengerti keindahan dari olah raga ini. Seni bela diri campuran bukan saja mengenai pertarungan. Tetapi tujuan utamanya adalah mengeluarkan potensi diri baik bagi pria maupun perempuan. Sudah banyak bukti yang bisa kita lihat diatas ring maupun didalam cage. Membutuhkan tenaga dan waktu yang tidak sedikit untuk mencapai potensi diri yang maksimal dalam olah raga ini,” terangnya.

Halaman
123
Penulis: Umar Widodo
Editor: murtopo
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help