Genangan Air Jadi Fokus Pembenahan Stadion Patriot Candrabaga Kota Bekasi

Stadion Patriot Candrabaga Kota Bekasi menjadi tempat pertandingan sepak bola pada Asian Games 2018.

Genangan Air Jadi Fokus Pembenahan Stadion Patriot Candrabaga Kota Bekasi
Istimewa
Wakil Presiden Jusuf Kalla mengunjungi Stadion Patriot Candrabaga Kota Bekasi, Jumat (27//4/2018). 

WARTA KOTA, BEKASI---Stadion Patriot Candrabaga Kota Bekasi menjadi tempat pertandingan sepak bola pada Asian Games 2018.

Berbagai persiapan dilakukan untuk meningkatkan mutu saran dan prasarana, dengan fokus pada soal genangan.

Baca: Menjelang Asian Games, Jusuf Kalla Tinjau Kesiapan Stadion Patriot Candrabaga Bekasi

"Permasalahan utama di Stadion Patriot Bekasi ialah genangan. Jadi persyaratan FIFA itu genangan tidak boleh lebih dari lima menit. Kami upayakan perbaiki genangannya. Kami tanam di sini adalah rumput joycia matrella agar lebih cepat menyerap air. Drainase juga dperbaiki agar genangan tidak lebih dari yang ditentukan," tutur Kiagoos Egi Ismail, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pengembangan Pelaksanaan Penataan Bangunan Strategi 4 Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Jumat (27/4/2018).

Baca: Sambut Asian Games 2018, Halaman Parkir Kantor Kelurahan Keagungan Dihias

Kiagoos mengatakan, selain itu ada beberapa item perbaikan pekerjaanya dilakukan Kementerian PUPR, di antaranya rumput stadion yang diubah total dan menggunakan rumput jenis zoysia matrella.

Perbaikan elemen lain seperti ruang ganti pemain, drainase, toilet, bens kapasitas penonton, pemasangan loker di ruang ganti pemain, penambahan lampu 1500 luks menjadi 2000 luks, serta papan skor.

"Kemudian lampunya kami atur lagi supaya fokus ke lapangan. Kami menyediakan akses untuk disabilitas, ada area hijau dan akses untuk evakuasi," katanya.

Untuk pengerjaan sudah mencapai 56 persen, dan ditargetkan rampung pada akhir bulan Juni 2018.

Baca: Jelang Asian Games, Erick Thohir: Masyarakat Indonesia Harus Punya Real Hero

"Kalau kontrak kami selesai 18 Juli 2018. Kami upayakan percepat semoga di akhir Juni 2018 semua sudah selesai dan bisa digunakan," kata Kiagoos.

Kiagoos mengatakan, untuk perbaikan di Stadion Patriot ini relatif minor, jika dibandingkan dengan renovasi yang dliakukan di Stadion Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta Pusat.

"Karena memang di sini stadion sudah relatif baru, sebetulnya secara persyaratan standar sudah hampir semua terpenuhi. Kami memenuhi yang belum saja," katanya.

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved