Curi 520 Meter Kabel PJU, 17 Tiang Lampu di Rorotan Padam

Seorang pria berinisial JT (33) ditangkap polisi karena mencuri kabel lampu PJU sampai sepanajng 540 meter.

Curi 520 Meter Kabel PJU, 17 Tiang Lampu di Rorotan Padam
WARTA KOTA/JUNIANTO HAMONANGAN
JT (jongkok, 33) saat ditangkap karena kedapatan mencuri kabel lampu PJU di jalan inspeksi Kanal Banjir Timur, Rorotan, Jakarta Utara. 

KABEL Penerangan Jalan Umum (PJU) sepanjang 540 meter di Jalan Inspeksi Kanal Banjir Timur (KBT), Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara telah hilang dicuri oleh pria berinisial JT (33).

Akibatnya sebanyak 17 tiang lampu di lokasi tersebut padam.

Kasus itu terungkap berawal dari informasi warga yang melapor ke petugas PPSU Kelurahan Rorotan adanya aksi mencurigakan. Ketika disambangi, petugas mendapati pelaku sedang menguliti kabel di lokasi pada Kamis (19/4) kemarin.

“Kejadiannya jam 10 pagi karena memang kabel PJU sampai sore itu nggak ada setrumnya. Jadi pelaku ngambil dari pinggir kali kabel yang ditanam di bawah tanah,” ucap Kepala Seksi Pencahayaan Kota Suku Dinas Perindustrian dan Energi (PE) Jakarta Utara Muhamad Yusuf, Jumat (27/4/2018).

Menurut Yusuf, kabel yang dicuri pelaku berjenis NYFGBY dengan ukuran 4 x 25. Barang bukti yang diamankan dari JT yakni potongan kabel sepanjang dua meter dan 30 meter dengan kerugian jutaan rupiah.

“Kerugian dari barang bukti 32 meter kabel yang ditemukan senilai Rp 5,2 juta. Tapi dari penelusuran, kabel yang hilang ada sepanjang 540 meter dengan nilai kerugian ditaksir Rp 70 juta,” ucapnya.

Akibat aksi pencurian pelaku, sebanyal 17 tiang lampu PJU di sepanjang Jalan Inspeksi KBT, Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara tidak dapat berfungsi. Hingga saat ini pihak Suku Dinas Perindustrian dan Energi (PE) Jakarta Utara masih melakukan perbaikan.

“Hingga saat ini sebanyak 17 tiang lampu di sekitar lokasi pencurian belum bisa berfungsi kembali. Kami masih berusaha melakukan perbaikam secepatnya,” urainya.

Sementara itu Kanit Reskrim Polsek Cilincing, AKP Suharto membenarkan kejadian tersebut. Hanya saja pihaknya belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut karena masih melakukan pengembangan dan mencari kemungkinan adanya pelaku lain.

“Iya benar (ada kasus pencurian kabel PJU). Hingga saat ini kita masih melakukan pendalaman penyelidikan dan pengembangan kasus. Belum bisa kita rilis,” ujarnya.

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved