Home »

News

» Jakarta

500 Buruh dari Jakarta Utara Ikut Aksi May Day di Istana

Sebanyak 500 buruh dari wilayah Jakarta Utara akan melakukan aksi damai saat peringatan May Day di depan Istana Merdeka, Selasa (1/5) nanti.

500 Buruh dari Jakarta Utara Ikut Aksi May Day di Istana
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Ratusan buruh dari berbagai Serikat Pekerja di Pelabuhan Tanjung Priok mendatangi Kantor Suku Dinas Ketenagakerjaan Jakarta Utara di Jalan Plumpang Semper, Koja, Jakarta Utara, Jumat (27/4). 

SEBANYAK 

Aksi tersebut untuk menuntut kesejahteraan para buruh.

Ratusan pekerja itu nantinya merupakan perwakilan buruh transportasi di beberapa kawasan seperti Pelabuhan Tanjung Priok, Kawasan Berikat Nusantara (KBN) Marunda dan Cakung, serta dari sejumlah depo gudang penumpukan peti kemas.

“Kami akan berkumpul di Pos IX Pelabuhan Tanjung Priok dan kemudian menggunakan sepeda motor atau bis menuju ke arah Monas (depan patung kuda),” kata Ketua Federasi Buruh Transportasi Pelabuhan Indonesia (FBTPI), Abdul Rosyid, Jumat (27/4)

Rosyid mengatakan aksi damai tersebut dilakukan untuk mencabut Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan demi menjamin kesejahteraan buruh.

“Aksi damai May Day ini tanpa ada embel-embel politis, murni untuk menyuarakan aspirasi buruh di Indonesia khususnya di sektor transportasi,” ungkap Rosyid.

Selain itu pihaknya juga sedang memperjuangkan nasib 82 buruh sopir di kawasan Gunung Sahari, Jakarta Pusat yang sudah bekerja puluhan tahun namun tidak mendapatkan hak pesangon saat terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

“Jadi kami siap mendukung dan bersinergi dengan aparat kepolisian agar jalannya aksi tetap damai dan tertib. Ini bentuk solidaritas kami terhadap sesama buruh,” ujarnya.

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help