Wow, Semerbak Aroma Kopi Gayo Menyebar di Festival Kopi Helsinki

Saat ini, produk kopi Indonesia sudah beredar di pasar Finlandia melalui perusahaan pemasok kopi terbesar di Finlandia, Paulig

Wow, Semerbak Aroma Kopi Gayo Menyebar di Festival Kopi Helsinki
KOMPAS.COM / SHUTTERSTOCK
Kopi 

SEMERBAK harum aroma kopi Merapi dan kopi Gayo Aceh aroma yang khas dari Indonesia menyebar ke seluruh ruang pameran tempat digelarnya Helsinki Coffee Festival 2018 yang diadakan di Kaapelitehdas, Helsinki, Finlandia, selama dua hari pada akhir pekan.

Orang Finlandia adalah salah satu penikmat kopi nomor wahid dunia, dengan konsumsi kopi perkapita termasuk lima besar dunia.

Angka konsumsi kopi perkapita itu adalah 12 kg per orang per tahun.

Dengan populasi 5,5 juta jiwa dan GDP (2017) 45.884 dolar Amerika Serikat per kapita per tahun, negara ini merupakan pasar kopi yang sangat menggiurkan.

Promosi kedua jenis kopi itu salah satu bentuk promosi Kedutaan Besar Indonesia di Helsinki bekerja sama dengan Kabupaten Sleman dan Koperasi Arinagata, Aceh, pada pameran kopi Helsinki Coffee Festival 2018.

Ini adalah festival kopi erbesar di Nordik dan Baltik, sebagaimana dinyatakan Koordinator Fungsi Penerangan dan Sosial Budaya Kedutaan Besar Indonesia di Helsinki, Rizki Kusumastuti, dalam keterangan pers dia, Rabu.

Duta Besar Indonesia untuk Finlandia merangkap Estonia, Wiwiek Setyawati Firman, melihat sangat penting bagi Indonesia untuk terus mempromosikan kopi kepada masyarakat Finlandia secara berkesinambungan.

Promosi kopi melalui pameran Helsinki Coffee Festival yang dilakukan semenjak 2016 merupakan salah satu pijakan yang efektif untuk mempromosikan kopi Indonesia di kawasan ini.

Tahun ini, Indonesia fokus mempromosikan dua jenis kopi dari Indonesia, yaitu kopi Gayo Aceh dan kopi Merapi dari Sleman, Yogyakarta.

Selama pelaksanaan Helsinki Coffee Festival, kopi-kopi Indonesia menjadi pusat perhatian pecinta kopi dan pemilik roaster dan kedai kopi tidak hanya berasal dari Finlandia, tapi juga dari beberapa negara tetangga, seperti Estonia dan Latvia.

Halaman
123
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Antara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved