Tiga Pasar Kumuh akan Disulap Jadi Hunian DP 0 Persen

Ketiga pasar di Jakarta Barat yang sudah menjadi pilot project renovasi, antara lain Pasar Grogol, Pasar Slipi, dan Pasar Kopro.

Tiga Pasar Kumuh akan Disulap Jadi Hunian DP 0 Persen
Warta Kota/Panji Baskhara Ramadhan
Wali Kota Jakarta Barat, Anas Effendi mengungkapkan pihaknya sudah mendapatkan restu dari Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan guna mencari lokasi strategis pembangunan rumah DP 0 persen. 

WARTA KOTA, GROGOL PETAMBURAN -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, dalam waktu dekat akan merevitalisasi sejumlah pasar yang kumuh di Jakarta Barat jadi pasar modern dan dilengkapi hunian DP 0 Persen.

Ketiga pasar di Jakarta Barat yang sudah menjadi pilot project renovasi, antara lain Pasar Grogol, Pasar Slipi, dan Pasar Kopro.

Mengenai hal itu, pemerintah akan melakukan sosialisasi serta rapat koordinasi dalam waktu dekat.

Terkait hal ini, Wali Kota Jakarta Barat, Anas Effendi mengungkapkan pihaknya sudah mendapatkan restu dari Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan guna mencari lokasi strategis pembangunannya.

"Setelah kami menelusurin yang cocok adalah pasar. Konsepnya kan tidak jauh beda dengan Apartement mewah, di bawah pasar, diatas itu hunian. Kita juga diminta untuk mengakomodir kebutuhan para pedagang kecil," ungkap Anas, ketika meninjau ke Pasar Grogol, Rabu (25/4).

Anas menyakini, ada revitalisasi pasar ini akan buat ekonomi rakyat kecil ini menjadi terbantu. Tak hanya itu aktivitas jual beli di pasar itu pun akan jadi lebih hidup lantaran para penghuni di hunian DP 0 persen, tak perlu berjalan jauh lagi karena cukup turun ke bawah membeli barang.

"Kondisi itu juga akan mengurangi kemacetan, lantaran aktifitas lalu lintas tak terjadi. Perihal mempercepat project ini, kami menggandeng Induk Koperasi Pedagang Pasar (Inkopas)-nya untuk dapat sosialisasikan ke para pedagang guna membantu percepat pembangunan nanti ya," jelasnya kembali.

Ditanya soal anggaran, lanjut Anas, nanti akan dipersiapkan sepenuhnya, dan kewenangan ini ada di tangan Gubernur DKI, termasuk rencana bangunan.

"Yang jelas diprioritaskan itu pedagang pasar," singkatnya.

Pantauan Warta Kota, kondisi di Pasar Grogol terlihat mengkhawatirkan, dan sejumlah lokasi cukup becek. Atap-atap di lantai satu dan dua juga cukup lembab, dan terlihat tetesan air.

Halaman
123
Penulis: Panji Baskhara Ramadhan
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help