Rumah Susun Lansia Cibubur, Tempat Belajar Berinteraksi dengan Lansia

"Keluarga mesti paham bagaimana menangani anggota lansia, sehingga para lansia ini tetap merasa terhormat karena dirawat dan dicintai."

Rumah Susun Lansia Cibubur, Tempat Belajar Berinteraksi dengan Lansia
m18/Muhamad Azzam
RUMAH Susun Lansia yang dibangun Kementerian PUPR di Jalan Karya Bhakti Cibubur, Jakarta Timur. Foto diambil Selasa (24/4/2018). 

KEMENTERIAN Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meresmikan Rumah Susun Lansia Yayasan Karya Bhakti Ria Pembangunan di Jalan Karya Bhakti No.2 Cibubur, Jakarta Timur, Selasa (24/4/2018).

Kementerian PUPR akan menghibahkan Rusun Lansia tersebut kepada Yayasan Sasana Tresna Werdha. Pasalnya tanah tersebut milik yayasan tersebut.

Untuk itu, Haryono Suyono, Ketua Pembina Yayasan Karya Bhakti Ria Pembangunan dan Yayasan Sasana Tresna Werdha mengatakan akan menjadikan tempatnya sebagai wadah para pensiunan PNS atau Silver Collage.

Haryono melanjutkan, Silver College ini memiliki tiga komponen sasaran, yakni para lansia pensiunan PNS bisa memanfaatkan STW Karya Bhakti menjadi forum bertemu untuk melakukan kegiatan tertentu. Sasaran kedua adalah keluarga lansia, keluarga dari lansia ini perlu diberikan pendidikan maupun pengajaran praktik di STW Karya Bhakti.

"Keluarga mesti paham bagaimana menangani anggota lansia di rumahnya, sehingga para lansia ini tetap merasa terhormat karena dirawat dan dicintai," ujarnya.

Selanjutnya, sasaran yang ketiga adalah masyarakat, di mana ia berharap dari Silver College ini bisa menghasilkan tokoh lansia atau orang tua yang siap terjun ke daerah-daerah.

"Mereka para pensiunan bisa ikut andil dalam kegiatan apapun di sini, terlebih mereka yang sudah pada lanjut usia. Mereka berkumpul mengadakan kegiatan,"ujarnya.

Lebih lanjut lagi, kata Haryono rusun ini akan menjadi pusat kegiatan seperti Day Care Center. Kegiatan yang sangat menarik seperti menari, bernyanyi, bermain alat musik maupun keterampilan.

"Jadi tidak hanya mereka yang tinggal disini tetapi semua lansia bisa main kesini melakukan banyak kegiatan,"ucapnya.

Ia menambahkan lebih penting lagi rusun lansia ini bisa menjadi collage bagi organisasi dan pengurus lansia-lansia yang bekerja ditempat lain di seluruh Indonesia.

"Nanti bisa bekerja sama Kementerian sosial, Kementerian Desa dan organisasi perguruan tinggi. Bisa juga menjadi pusat pendidikan, teman teman yang berada di sekolah tinggi atau universitas yang mengurus lansia, kita akan latih mereka sekaligus juga bagi para mahasiswa yang mau Kerja Kuliah Nyata (KNN) sehingga mereka tepat dan benar dalam menangani para lansia," tandasnya. (M18)

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved