Program Seraton, Tangerang Selatan Menjadi Contoh Satuan Kerja di Daerah Lain

Kepala Kantor Pertanahan Wilayah Banten, Yusuf Purnama, mengatakan, Tangerang Selatan menjadi kota percontohan wilayah lainnya.

Program Seraton, Tangerang Selatan Menjadi Contoh Satuan Kerja di Daerah Lain
Warta Kota/Andika Panduwinata
Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany. 

WARTA KOTA, TANGERANG SELATAN----Kepala Kantor Pertanahan Wilayah Banten, Yusuf Purnama, mengatakan, Tangerang Selatan menjadi kota percontohan wilayah lainnya, dan ini merupakan program prioritas.

Adanya Sistem Administrasi Pertanahan Online (Seraton) sangat membantu kelancaran sensus pertanahan yang ada di Kota Tangerang Selatan.

Baca: Pemerintah Kota Tangerang Selatan Merilis Sistem Administrasi Pertanahan Online

Yusuf mengatakan, adanya Seraton ini, Tangsel menjadi contoh dari satuan kerja di daerah lain. Sehingga perwujudan dari target pendataan tanah di Indonesia bisa segera direalisasikan.

"Ini merupakan program prioritas Presiden RI yakni PTSL (pendaftaran tanah sistematis lengkap). Sehingga dengan adanya seraton baik BPN dan Pemkot akan sangat dimudahkan," kata Yusuf, di Gedung Puspemkot Tangerang Selatan, Senin (23/4/2018) malam.

Baca: Ombudsman Siratkan Penerbitan Sertifikat Tanah di Pulau Pari Kacau Balau

Yusuf mengatakan, peluncuran Seraton ini merupakan acara luar biasa. Karena ada kerja sama antara pemerintah daerah dan BPN wilayah. Hal ini tentu sangat jarang ditemui. Sehingga Seraton bisa dicontoh oleh satuan kerja lain.

"Dengan Seraton saya optimistis target pendataan tanah sebanyak 70.000 bidang bisa segera terealisasi," katanya.

Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) merilis Sistem Administrasi Pertanahan Online (Seraton) Tahun 2018.

Baca: Pedagang Pecel Lele Ini Galau Dua Tahun Sertifikat Rumah Tak Dikembalikan Bank

Airin Rachmi Diany, Wali Kota Tangerang Selatan, mengatakan, masalah pertanahan merupakan salah satu sektor pembangunan yang memerlukan penanganan yang sangat serius dan ekstra hati-hati dari pemerintah.

"Administrasi pertanahan mempunyai peranan penting yang perlu mendapatkan penanganan yang lebih serius dan sungguh-sungguh agar dapat mendukung terlaksananya tugas pemerintah dalam pemerataan pembangunan sejak perencanaan, pelaksanaan, pemanfaatan, sampai kepada pengendaliannya," kata Airin

Penulis: Andika Panduwinata
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help