Home »

Video

VIDEO: Suasana Pelaksanaan Uji Coba Perpanjangan Waktu Ganjil Genap

Plang tersebut menginformasikan jadwal uji coba yang dimulai 23 April hingga 4 Mei 2018.

Uji coba perpanjangan waktu pembatasan kendaraan berdasarkan plat nomor ganjil-genap di ruas Jalan Sudirman-MH Thamrin, Jakarta, dimulai Senin (23/4/2018) pagi ini. Waktu penerapan sistem ganjil-genap yang sebelumnya dimulai pukul 07.00-10.00 dimajukan menjadi pukul 06.00-10.00. Dari pantauan Kompas.com di Bundaran Senayan pada pukul 06.00 hingga 06.30, tampak seorang petugas Dinas Perhubungan DKI Jakarta berjaga. Petugas tersebut tidak sedang memberikan sosilisasi kepada pengendara. Plang sosialisasi uji coba ganjil-genap dipasang di ruas Bundaran Senayan.

Plang itu berukuran 1x1 meter. Plang tersebut menginformasikan jadwal uji coba yang dimulai 23 April hingga 4 Mei 2018. Hal serupa juga terlihat di Bundaran Hotel Indonesia. Di lokasi itu juga dipasang plang dengan ukuran yang sama dengan tambahan pemberitahuan lewat layar ELD yang berasal dari mobil Dishub DKI Jakarta.

Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan petugas Dishub DKI Jakarta telah memasang plang, spanduk, serta membagikan brosur guna menyosialisasikan program tersebut. "Kami pagi-pagi jam 05.30 sudah apel dan masing-masing simpang juga kami floating anggota gabungan dari Dirlantas maupun Dishub untuk sosialisasi.

Kami sudah pasang spanduk, brosur sebagian brosur telah disebar," ujar Budiyanto saat ditemui di Bundaran HI, Senin. Dalam sistem ganjil-genap, kendaraan yang boleh melintas di ruas jalan itu pada tanggal-tanggal genap hanya kendaraan dengan nomor plat terakhir berangka genap. Demikian juga pada tanggal-tanggal ganjil, kendaraan yang boleh melintas hanya yang nomor plat terakhirnya berangka ganjil. Selama uji coba, tidak akan dilakukan penindakan terhadap pengendara dengan plat nomor yang tidak sesuai tanggal.

Perpanjangan waktu penerapan ganjil-genap yang menjadi lebih pagi demi mencegah penumpukan volume kendaraan di ruas Cawang, Jakarta Timur, pada pukul 06.00-09.00 WIB. Penumpukan kendaraan di sekitar Cawang terjadi sebagai imbas dari penerapan sistem ganjil-genap di ruas tol Tangerang dan Jagorawi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Uji Coba Perpanjangan Waktu Ganjil Genap di Sudirman-Thamrin Dimulai Hari Ini",

Penulis : Kontributor Jakarta, David Oliver Purba

Editor: ahmad sabran
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help