Indonesia Tuan Rumah Konferensi Internasional Kerjasama Selatan-Selatan Triangular

Indonesia ditunjuk menjadi tuan rumah pelaksanaan Konferensi Internasional tentang Kerjasama Selatan Selatan Triangular

Indonesia Tuan Rumah Konferensi Internasional Kerjasama Selatan-Selatan Triangular
warta kota/Feryanto Hadi
Ilustrasi 

WARTA KOTA, PALMERAH-Indonesia ditunjuk menjadi tuan rumah pelaksanaan Konferensi Internasional tentang Kerjasama Selatan Selatan Triangular (KSST) yang akan dilaksanakan  pada 8-9 Agustus 2018 di Denpasar Bali.

Konferensi ini akan dihadiri 30 negara di Asia, Afrika, dan Amerika Latin. Tema yang diambil tahun ini adalah Memperkuat Kerjasama Selatan-Selatan demi mencapai target  SDGs (Sustainable Development Goals atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, Red) 2030. 

Persiapan pelaksanaan konferensi tersebut tersebut dibahas dalam  sidang tahunan tentang kependudukan dan pembangunan ke 51 di kantor pusat Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York pekan lalu.

Sidang yang diikuti 194 negara anggota PBB ini  mengambil tema Pembangunan Kota yang Berkelanjutan, Perpindahan Penduduk, dan Migrasi Internasional.  

Delegasi Pemerintah RI diketuai oleh Prof drh Muhammad Rizal Martua Damanik, Deputi Bidang Pelatihan, Penelitian, dan Pengembangan BKKBN.

Ia mengatakan, Indonesia mengalami penurunan angka fertilitas total yang signifikan dari 2,6 (tahun 2012) menjadi 2,4  di tahun 2017.

Namun laju urbanisasi masih jadi tantangan dan perlu diantisipasi dengan cara yang adekuat. 

Salah satu caranya, pemerintah Indonesia terus meningkatkan kualitas data migrasi penduduk, serta upaya peningkatan  kapasitas aparat pemerintah dalam menganlisa pola migrasi agar terdistribusi merata di seluruh wilayah negeri.

“Di era disrupsi ini, migrasi telah menjadi tren global yang perlu dikelola dengan baik. Banyaknya faktor yang mendorong timbulnya migrasi, misalnya terbatasnya  lapangan kerja, kurangnya pemenuhan kebutuhan hidup, faktor keamanan, atau bencana,” kata Rizak Damanik seperti dikutip dari email yang diterima Warta Kota, belum lama ini.

Penulis: Lilis Setyaningsih
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help