Mengenal Sosok Pramoedya Ananta Toer Lewat Ajang Pameran

Pameran yang mengangkat sosok Pramoedya Ananta Toer, sastrawan besar yang pernah dimiliki Indonesia itu digelar di dua lokasi.

Mengenal Sosok Pramoedya Ananta Toer Lewat Ajang Pameran
Warta Kota/Ign Agung Nugroho
Happy Salma bersama Dia.Lo.Gue menggelar pameran bertajuk Namaku Pram: Catatan dan Arsip. 

WARTA KOTA, PALMERAH---Mengenal sosok Pramoedya Ananta Toer Lewat Ajang Pameran Titimangsa Foundation yang digawangi selebriti Happy Salma bersama Dia.Lo.Gue menggelar pameran bertajuk Namaku Pram: Catatan dan Arsip.

Pameran yang mengangkat sosok Pramoedya Ananta Toer, sastrawan besar yang pernah dimiliki Indonesia itu digelar di dua lokasi.

Baca: Cerita Happy Salma Gugup Saat Bertemu Pramoedya Ananta Toer

Bagi masyakarat luas dan juga penikmat seni dapat menyaksikan mini pamerannya di Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia, Tanah Abang, Jakarta Pusat, 17 April-2 Mei 2018.

Sedangkan pameran yang menampilkan lebih banyak catatan dan arsip Pram ini digelar di Dia.Lo.Gue Kemang, Jakarta Selatan, 17 April-20 Mei 2018.

"Pameran ini menampilkan sosok Pram yang bukan hanya sebagai penulis, tetapi lebih sebagai manusia dalam kesehariannya dan dokumentator Indonesia," kata Happy Salma saat pembukaan pameran di Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia, Tanah Abang, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Pameran Namaku Pram: Catatan dan Arsip yang didukung Bakti Budaya Djarum Foundation ini merupakan sebuah pameran yang menampilkan barang-barang keseharian Pram dan kegiatannya yang suka sekali mencatat dan mengarsipkan segala sesuatu.

"Penting untuk diketahui oleh masyarakat umum, terutama generasi muda bahwa Indonesia pernah mempunyai seorang penulis yang tidak hanya unggul dalam karya, tetapi juga merupakan seorang pencatat yang rajin dan konsisten dalam mendokumentasikan berbagai peristiwa dari seluruh pelosok tanah air," kata Happy Salma.

Sedangkan Engel Tanzil, pemilik dari Dia.Lo.Gue, sebuah artspace yang ditujukan sebagai wadah untuk menyatukan seniman dan penggemar seni ini, menyambut dengan antusias inisiatif Happy Salma untuk mengadakan pameran tentang Pram.

Baca: Happy Jadi Produser Teater untuk Karya Pramoedya Ananta Toer

Menurut dia, Pramoedya adalah seorang penulis besar yang tulisan-tulisannya bukan hanya bisa dinikmati sebagai karya sastra, tapi lebih dari itu, tulisannya yang orisinal begitu sarat oleh makna kehidupan.

"Dalam pengerjaan pameran ini, saya menemukan begitu banyak hal mengenai keseharian seorang Pramoedya di sela-sela kegiatannya menulis. Kebiasaan sehari-hari yang menjadikan Pram seorang manusia, dengan banyak kisah untuk diceritakan," katanya.

Tidak hanya itu saja, Engel Tanzil mengaku terharu menjadi bagian dari pameran ini karena mendapat kesempatan bertemu dan menjalin persahabatan dengan keluarga besar dari Pramoedya Ananta Toer.

Baca: Tidak Hanya Sekadar Ibu Rumah Tangga, Happy Salma Ingin Berkarya

"Semua dengan kerja keras dan tangan terbuka dari keluarga, terutama Astuti Ananta Toer dan Angga Okta Rahman yang begitu teliti membantu pengumpulan materi pameran. Pameran ini juga merupakan kolaborasi dari berbagai lintas bidang seni, seperti desain grafis, arsitektur, teater, dan video art," katanya.

Penulis: Ign Agung Nugroho
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved