Krisis Semenanjung Korea

Saluran Telepon Khusus Korut dan Korsel Disiapkan Jelang KTT Antar-Korea

Telepon itu bakal diletakkan tepat di meja masing-masing pemimpin, yaitu pemimpin Korut Kim Jong Un dan Presiden Korsel Moon Jae In.

Saluran Telepon Khusus Korut dan Korsel Disiapkan Jelang KTT Antar-Korea
abc.net.au
PRESIDEN Korsel Moon Jae In dan Pemimpin Korut Kim Jong Un 

KOREA Utara ( Korut) dan Korea Selatan ( Korsel) dilaporkan mencoba saluran komunikasi khusus yang menghubungkan kedua negara. Nantinya, saluran tersebut bakal menghubungkan langsung Presiden Korsel Moon Jae In dan Pemimpin Korut Kim Jong Un.

Sumber internal Cheong Wa Dae atau Gedung Biru, Kantor Kepresidenan Korsel menyatakan, kedua negara mencoba saluran tersebut pada Jumat (20/4/2018).

Diberitakan kantor berita Yonhap, Korsel menjadi pihak pertama yang melakukan telepon untuk mencoba saluran komunikasi itu.

Baca: Pertemuan Korsel - Korut, Jepang Ingin Masalah Penculikan Warganya Dibahas

"Rasanya seperti berbicara dengan tetangga yang tinggal di sebelah rumah kita," ujar pejabat Cheong Wa Dae yang tidak ingin identitasnya diberitakan itu.

Sumber itu melanjutkan, dari panggilan pertama, Korsel tidak mengalami masalah dalam berkomunikasi. Korut kemudian mencoba menelepon Korsel untuk memastikan saluran mereka berjalan normal. Total, pembicaraan berlangsung 4 menit dan 17 detik.

Nantinya, telepon itu bakal diletakkan tepat di meja masing-masing pemimpin. Baik Kim maupun Moon dikabarkan bakal melakukan komunikasi untuk kali pertama.

Baca: Makan Malam Utusan Korsel dan Kim Jong Un Sempat Tegang, Ini Gara-garanya

Komunikasi tersebut dilakukan jelang pertemuan keduanya dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Antar-Korea Ketiga yang bakal berlangsung di Panmunjom (27/4/2018).

Sumber itu menambahkan, melalui saluran telepon tersebut, diharapkan dapat mengurangi ketegangan yang terjadi di Semenanjung Korea. Kesepakatan untuk memulihkan saluran komunikasi terjadi setelah Utusan Khusus Korsel, Chung Eui Yong, berkunjung ke Pyongyang menemui Kim pada 5 Maret lalu.

Hasil dari pertemuan tersebut, Kim sepakat untuk melakukan denuklirisasi sebagai pemenuhan wasiat dari ayah dan kakeknya, Kim Jong Il dan Kim Il Sung. (Ardi Priyatno Utomo)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Korut dan Korsel Coba Saluran Telepon Khusus Jelang KTT Antar-Korea"

Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help