Ganjil Genap Berlaku, Kecepatan Kendaraan di Tol Jagorawi Meningkat

Kebijakan nomor ganjil genap ternyata tak mempengaruhi pendapatan PT Jasa Marga.

Ganjil Genap Berlaku, Kecepatan Kendaraan di Tol Jagorawi Meningkat
Warta Kota/Adhy Kelana
Petugas Polantas bersama Dishub tengah melakukan pengawasan nomer kendaraan ganjil genap di gerbang tol Cibubur II, Jakarta Selatan, Senin (16/4). 

WARTA KOTA, PALMERAH-AVP Corporate Communication PT Jasa Marga, Dwimawan Heru mengatakan telah mencatat terjadi peningkatan kecepatan saat pemberlakuan uji coba ganjil genap  pada pukul 06.00 - 09.00 WIB dari Gerbang Tol (GT) Cibubur 2 menuju Jakarta pada minggu pertama sebesar 36,15 persen.

"Pada periode minggu ini 16 sampai 20 April 2018 pukul 06.00 - 09.00 WIB sebelumnya 49,22 km perjam naik menjadi 67 km perjam," ujar Dwimawan dalam keterangan tertulis, Sabtu (21/4/2018).

Bukan hanya itu, ganjil - genap juga mempengaruhi terjadinya penurunan V/C Ratio sebesar 20 persen.

Ia pun mengatakan, uji coba ini berjalan lancar dan tidak berpengaruh terhadap pendapatan Jasa Marga, karena dari evaluasi selama empat hari pada 16 sampai 19 April 2018, penurunan total Lalu Lintas Harian (LHR) di Tol Jagorawi hanya turun sebesar 0,80 persen.

"Kami menyimpulkan bahwa kebijakan tidak berdampak pada pendapatan Jasa Marga,  mengingat penurunan LHR tidak signifikan, karena ada pendistribusian kendaraan baik secara waktu kedatangan maupun lokasi gerbang masuk," ucapnya.

Dwimana berencana uji coba paket kebijakan di Tol Jagorawi dan Tangerang akan dilakukan hingga akhir April 2018 dan mulai diberlakukan pada awal bulan Mei 2018.

Penulis: Anggie Lianda Putri
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help