Warga Berharap Panen Raya Tekan Kenaikan Harga Komoditas Kebutuhan Pokok Jelang Ramadan

Biasanya, siklus kenaikan harga komoditi meliputi cabai dan bawang melambung ketika memasuki bulan Ramadan.

Warga Berharap Panen Raya Tekan Kenaikan Harga Komoditas Kebutuhan Pokok Jelang Ramadan
Warta Kota/Joko Supriyanto
Kenaikan harga kebutuhan pokok. 

WARTA KOTA, KRAMATJATI -- Kurang lebih satu bulan menjelang memasuki Ramadhan sejumlah komoditi di beberapa pasar di Jakarta masih terpantau normal.

Biasanya, siklus kenaikan harga komoditi meliputi cabai dan bawang melambung ketika memasuki bulan Ramadan hingga menjelang Lebaran.

Salah seorang pedagang cabai Pasar Induk Kramat Jati, Yeni (40) mengatakan bahwa hingga saat ini harga kebutuhan capai masih normal bahkan mengalami penurunan.

Jika dibandingkan beberapa bulan lalu harga cabai rawit merah berkisar Rp 40 ribu perkilogram, namun pada minggu ini turun menjadi berkisar Rp 25 ribu perkilogramnya.

"Kalo sekarang harga mulai ada penurunan dari pada bulan kemarin ataupun beberapa bulan lalu," kata Yeni salah seorang pedagang saat ditemui, Jumat, (20/4/2018).

Menurut Yeni kenaikan harga pokok bisanya terjadi pada menjelang lebaran dari pada dibandingkan pada bulan ramadhan. Justru pada bulan-bulan seperti ini harga masih terpantau normal.

Walau begitu dikatakan, wanita asal Kebumen ini bahwa pada bulan Mei-Juni justru terjadi panen raya, sehingga diharapkan hal tersebut tidak memicu kenaikan harga kebutuhan pokok.

"Biasanya mendekati bulan Juni itu panen raya, ya diharapkan dengan penen raya harga kebutuhan pokok bisa ditekan, biar kita juga ngak pusing, ditambah kalo mau lebaran," katanya.

Sementara itu hal senada dikatakan oleh Yono (53) salah seorang pedagang. Ia mengatakan bahwa kenaikan harga komoditi menjelang lebarang diangkap sudah biasa baginya.

Ia menilai kenaikan terjadi karena pasokan kurang dan permintaan meningkat sehingga terjadi kenaikan harga. Untuk itu ia berharap pemerintah bisa mengatasi hal ini sebelum hal itu dikhawatirkan oleh konsumen maupun pedagang.

"Sekarang belum keliatan naiknya, masih naik turun tapi ngak mempengaruhi. Justru nanti mendekati lebaran biasanya naik karena permintaan naik dan pasokan kurang, biasanya seperti itu," ucapnya.

Pria yang sudah puluhan tahun berjualan bawa merah dan bawang putih ini mengaku hingga saat ini, harga bawang putih berkisar Rp 22 ribu dan bawang merah Rp. 21 ribu. Hal itu diangap menurun dibandingkan pada tahun lalu yakni berkisar Rp 35 ribu perkilogramnya.

Suasana Pasar Induk Kramatjati memasuki satu bulan menjelang Ramadhan. Jumat (20/4/2018).

Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help