Home »

News

» Jakarta

Penyandang Disabilitas Harus Reservasi untuk Naik Transjakarta Cares, Ini Alasannya

Penyandang disabilitas diberikan fasilitas khusus untuk menggunakan Transjakarta, dengan dijemput serta diantar oleh pihak Transjakarta.

Penyandang Disabilitas Harus Reservasi untuk Naik Transjakarta Cares, Ini Alasannya
Joko Supriyanto
Sebuah mobil Transjakarta care terparkir tepat di depan gerbang masuk rumah Direktur Utama PT Transjakarta Budi Kaliwono di Jalan Bandeng II RT 14/05, Kelurahan Jati, Kecamatan Pulogadung, Rabu (14/6/2017). 

TRANSJAKARTA memberikan layanan eksklusif Transjakarta Cares bagi penyandang disabilitas.

Penyandang disabilitas diberikan fasilitas khusus untuk menggunakan Transjakarta, dengan dijemput serta diantar oleh pihak Transjakarta.

Humas PT Transjakarta Wibowo mengatakan, penyandang disabilitas dapat merasakan fasilitas antar jemput tersebut secara gratis.

Baca: Transjakarta Bakal Gelar Berbagai Macam Hiburan di Hari Kartini

"Dijemput lalu diantar ke halte yang ramah disabilitas. Sama karyawan Transjakarta Cares didampingi sampai baik bus," ujar Wibowo di Balai Kota, Rabu (18/4/2018).

"Dia tapping tapi kan digratiskan, karena dia salah satu penerima layanan Transjakarta gratis," sambungnya.

Wibowo menjelaskan, dalam perjalanan, penyandang disabilitas diharapkan dapat berinteraksi dengan masyarakat lainnya. Setelah tiba di halte yang dituju, nantinya penumpang disabilitas dijemput kembali oleh kendaraan Transjakarta, dan diantarkan ke tempat tujuan.

Baca: Jam Operasional Ditambah Hingga Pukul 23.00, Jumlah Penumpang Transjakarta Koridor 13 Naik Drastis

"Naik bus, seperti berinteraksi dengan masyarakat pelanggan biasanya. Sampai di halte yang terdekat dengan tujuan, dia turun. Tetap didampingi petugas kami, lalu naik mobil Transjakarta Cares lagi. Jadi sudah ada mobil Transjakarta Cares sampai ke tujuan. Itu gratis semua," beber Wibowo.

Namun untuk mendapatkan fasilitas tersebut, penumpang harus melakukan reservasi sehari sebelumnya, dengan menghubungi nomor 1500102.

Meskipun terkesan ribet untuk melakukan reservasi, Wibowo menjelaskan hal tersebut untuk memudahkan koordinasi di lapangan dalam hal penjemputan penumpang.

Baca: KPK Diminta Tak Usah Pakai Trailer Atau Teaser untuk Tetapkan Tersangka Korupsi

"Kalau reservasi itu kan kita biar bisa ngatur mobilnya. Jadi nanti 'oh dia diberi tahu dijemput di mana, lalu tujuannya ke mana'. Nah, dari situ kita nanti susun jadwalnya," jelas Wibowo.

"Karena banyak banget masyarakat disabilitas yang mau menggunakan Transjakarta Cares. Jadi H-1 memang harus menghubungi," tambahnya.

Wibowo menjelaskan, penumpang disabilitas tidak bisa mendadak menggunakan Transjakarta Cares. (*)

Penulis: Yosia Margaretta
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help