WartaKota/
Home »

News

» Jakarta

Soal LRT, MTI: Trase LRT Harus Matang

Pemprov DKI Jakarta bersama PT Jakarta Propertindo selaku operator harus mematangkan trase LRT dengan Kemenhub Republik Indonesia...

Soal LRT, MTI: Trase LRT Harus Matang
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia, Kim Chang-beom mengunjungi Depo Light Rail Transit (LRT) di Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (22/3/2018). 

BELUM adanya kejelasan tarif serta masalah trase/plan Light Rail Transit (LRT) yang berubah dari rencana awal dinilai Ketua Bidang Perkeretaapian Masyarakat Transportasi indonesia (MTI), Aditya Dwi Laksana, segera ditindaklanjuti seluruh pemangku kepentingan.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama PT Jakarta Propertindo selaku operator harus mematangkan trase LRT dengan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia melalui Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) sebelum operasional kereta cepat itu dibahas lebih lanjut.

Karena menurutnya, trase LRT yang kini dibangun masih belum jelas, padahal penetapan trase sangat penting sebagai landasan kajian, baik dalam segi integrasi angkutan umum, lintasan, rencana pembangunan infrastruktur serta singgungan dengan moda transportasi umum lainnya.

"Sejauh ini, Jakpro dan Pemprov DKI sendiri belum memiliki trase LRT yang jelas. Rencana perpanjangan ke Tanah Abang itu satu contoh belum matangnya kajian trase, padahal trase itu penting agar moda transportasi terintegrasi," ungkapnya saat dihubungi Selasa (17/4/2018).

"Trase LRT harus matang, karena integrasi bukan cuma fisik, tapi tarif, jadwal dan lainnya. Soal tarif juga harus seimbang dan terintegrasi juga dengan moda transportasi lainnya," imbuhnya.

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help