Polri Canangkan Beri Kemudahan Lulusan Santri Masuk Akpol Maupun Tingkat Bintara

Wakapolri Komjen Pol Syafruddin mencanangkan untuk merekrut lulusan santri masuk sekolah di Akademisi Kepolisian maupun tingkat bintara.

Polri Canangkan Beri Kemudahan Lulusan Santri Masuk Akpol Maupun Tingkat Bintara
TRIBUNNEWS/VINCENTIUS JYESTHA
Wakapolri Komjen Syafruddin di Aula AHNasution di Masjid Cut Meutia, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (7/3/2018). 

WAKIL Kepala Kepolisian Republik Indonesia Komjen Pol Syafruddin mencanangkan untuk merekrut lulusan santri masuk sekolah di Akademisi Kepolisian (Akpol) maupun tingkat bintara.

"Tahun ini, memang kita canangkan merekrut para lulusan pesantren baik seperti ke Akpol maupun bintara. Akan tetapi karena memang karena sana sini belum sempurna maka kita masih perlu melakukan revisi," katanya seusai memberi kuliah di Pondok Pesantren Modern Tazakka di Batang, Selasa (17/4/2018).

Ia mengatakan, Polri akan memberikan kemudahan bagi lulusan ponpes yang akan masuk sekolah kepolisian seperti tidak terlalu meliputi persayaratan yang ditentukan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Baca: Hari Santri Nasional dan Custom Culture di DKI Jakarta Hari Ini


"Nanti kita atur regulasinya dan aturannya. Untuk tahun ini Polri akan merekrut hafidz Alquran untuk menjadi anggota Polri," katanya.

Menurut dia, para santri sangat berpotensi lulus karena sistem pendidikan di ponpes sama dengan pendidikan yang diterapkan di militer TNI maupun Polri sehingga mereka tidak kaget lagi saat mengikuti kegiatannya.

"Kami yakin para santri tidak ada kekhawatiran (mengikuti sistem pendidikan) karena sistemnya. Selain itu, persaingan akan lebih unggul dari lulusan pesantren karena mental sudah siap di banding dengan (calon peserta) di luar pesantren," katanya.

Baca: Muliakan Kaum Santri, IZI Perbaiki Pesantren Tak Layak Guna di Banten


Wakapolri berpesan para santri mengikuti semua pendidikan yang diterapkan di ponpes dengan baik untuk mengejar cita-cita besar, pemikiran besar, dan punya pemikiran menciptakan temuan besar yang bisa mengguncangkan dunia.

"Kami sudah menginstruksikan pada seluruh Kapolda seluruh Indonesia untuk jemput bola terhadap lulusan pesantren yang memeiliki prestasi dan potensi," kata Wakapolri didampingi Kepala Polres Batang AKBP Edi Suranta Sinulingga. (Antara)

Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Antara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help