Mekanisme Tiket Perjalanan Kereta Bandara bagi Penumpang KRL Tangerang

Realiasi dari upaya pemerintah untuk mengatasi permasalahan operasional yang terjadi pada lintas Batuceper-Duri.

Mekanisme Tiket Perjalanan Kereta Bandara bagi Penumpang KRL Tangerang
Warta Kota/Dwi Rizki
Ilustrasi penumpang KA Bandara. 

WARTA KOTA, TANGERANG -- Mekanisme Tiket Rp. 3.000 Untuk Perjalanan Kereta Bandara Bagi Penumpang KRL Tangerang

Laporan Warta Kota, Andika Panduwinata

WARTA KOTA, TANGERANG - Kementerian Perhubungan menyediakan 4.000 kupon atau vocher perjalanan Kereta Bandara Soekarno Hatta dengan harga Rp. 3.000 yang berlaku sedari 17 April sampai 16 Mei 2018. Kupon itu bagian dari upaya untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat, khususnya penumpang KRL Commuter Line di wilayah Tangerang, naik Kereta Bandara menggunakan kupon perjalanan khusus yang harga setiap kuponnya Rp. 3.000.

Humas PT Railink, Fitri selaku operator Kereta Bandara Soetta mengungkapkan mengenai mekanisme pemakaian kupon tersebut. Ia menjelaskan aturan mainnya sama saja dengan pembelian tiket normal Kereta Bandara Soetta.

"Pengguna vocher dengan harga Rp. 3.000 ini sama dengan halnya penumpang Kereta Bandara lainnya. Masukan vocher ke vending machine yang sudah disediakan, kemudian input kode vochernya," ujar Fitri kepada Warta Kota di Tangerang, Selasa (17/4/2018).

Kendati demikian, ada pembatasan dalam program kebijakan ini.

Pengguna kupon hanya diberikan kesempatan pada perjalanan Stasiun Batuceper-Stasiun Sudirman atau sebaliknya.

"Voucher sebanyak 4.000 lembar itu diperuntukan selama sebulan," ucapnya.

Menurutnya, kebijakan tersebut telah ditentukan oleh Kementerian Perhubungan. Dalam program ini, tidak ada tambahan jumlah perjalanan Kereta Bandara.

"Pihak Kementerian Perhubungan itu membeli vocher tersebut ke kami. Dan diperuntukan kepada pengguna KRL yang disubsidi oleh Kementerian," kata Fitri.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Kementerian Perhubungan, Zulmafendi menambahkan bagi warga yang ingin mendapatkan kupon itu bisa membelinya melalui Stasiun Batuceper, Tangerang pada pukul 15.00 hingga 20.00 WIB.

Pembelian vocher perjalanan Kereta Bandara dapat dilakukan satu hari sebelum keberangkatan. Dan kupon ini tidak bisa digunakan pada hari Sabtu, Minggu, dan libur nasional.

"Program ini merupakan bentuk realiasi dari upaya pemerintah untuk mengatasi permasalahan operasional yang terjadi pada lintas Batuceper-Duri. Besar harapan kami agar program tersebut juga dapat menarik minat masyarakat untuk menggunakan layanan Kereta Bandara Soekarno Hatta," papar Zulmafendi.

Penulis: Andika Panduwinata
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved