WartaKota/
Home »

News

» Jakarta

Hanya 5,72 Persen Pendaftar yang Diterima di UGM Melalui SNMPTN

Mereka yang berhasil memenangkan persaingan dalam SNMPTN dan diterima di UGM adalah yang memiliki rekam jejak akademik terbaik.

Hanya 5,72 Persen Pendaftar yang Diterima di UGM Melalui SNMPTN
Kampus UGM. (Foto : Istimewa) 

UNIVERSITAS Gajah Mada (UGM) akhirnya menerima sebanyak 2.141 calon mahasiswa Program Sarjana melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTM).

Jumlah calon mahasiswa yang diterima di UGM melalui SNMPTN hanya sekitar 5,72 persen dari jumlah total pendaftar yang mencapai 37.447 orang.

"Calon mahasiswa tersebut terbagi dalam kelompok studi IPA/Saintek sebanyak 1.535 orang dan kelompok studi IPS/Soshum sebanyak 606 orang," Demikian pernyataan UGM yang dikutip Warta Kota melalui situs resminya, Selasa (17/4/2018).

Wakil Rektor Bidang Pendidikan Pengajaran dan Kemahasiswaan (PPK) UGM, Djagal Wiseso Marseno mengatakan bahwa mereka yang berhasil memenangkan persaingan dalam SNMPTN dan diterima di UGM adalah yang memiliki rekam jejak akademik terbaik.

"Untuk program studi IPA/Saintek pada SNMPTN di UGM tahun ini (2018) peminat terbanyak adalah Program Studi Farmasi, Kedokteran dan Ilmu Komputer. Untuk kelompok program studi IPS/Soshum adalah  Manajemen, Akuntansi dan Psikologi," ujar Djagal Wiseso Marseno.

Menurutnya, prodi dengan selektivitas tinggi untuk kelompok IPA/Saintek yakni Ilmu Komputer, Arsitektur dan Kedokteran. Sedangkan untuk kelompok IPS/Soshum yaitu Manajemen, Pariwisata serta Bahasa dan Kebudayaan Korea.

Setelah dinyatakan diterima di UGM, 2.141 calon mahasiswa tersebut diharuskan mengisi biodata melalui laman um.ugm.ac.id dan mengunggah dokumen persyaratan mulai tanggal 19 April 2018 pukul 10.00 WIB sampai tanggal 24 April 2018 pukul 10.00 WIB

'Kami mengimbau kepada calon mahasiswa untuk mempersiapkan dokumen yang akan diunggah seawal mungkin supaya dapat menyelesaikan pengisian biodata dengan baik pada waktu yang telah ditentukan," imbuh Djagal Wiseso Marseno.

Selain itu, para calon mahasiswa juga diwajibkan mengikuti Academic English Profiency Test (AcEPT) pada tanggal 8 Mei 2018 di kampus UGM sebagai satu di antara syarat registrasi.

"Lokasi dan waktu tes dapat dilihat melalui akun yang dimiliki masing-masing mahasiswa," tulis UGM dalam laman resminya.

Jika calon mahasiswa tidak mengunggah data sampai dengan tanggal 24 April 2018 pukul 10.00 WIB, maka calon mahasiswa tersebut dianggap mengundurkan diri sebagai mahasiswa UGM Tahun Akademik 2018/2019. (M15)

Penulis: Hamdi Putra
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help