Home »

News

» Jakarta

Pengelola Pasar Tasik Minta PT Padi Mas Reality Cari Pedagang Lain

"Sudah terlambat karena seluruh pedagang eks Pasar Tasik yang berjumlah sebanyak 800 pedagang sudah direlokasi.."

Pengelola Pasar Tasik Minta PT Padi Mas Reality Cari Pedagang Lain
Warta Kota/Rangga Baskoro
Sejumlah pedagang Pasar Tasik yang pada awalnya menempati lahan PT KAI di Bongkaran, Tanah Abang kini sudah menempati lokasi di Jalan Cideng Timur, Gambir, Jakarta Pusat sejak Kamis (12/4) lalu. 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Rangga Baskoro

WARTA KOTA, TANAH ABANG -- Ratusan pedagang Pasar Tasik yang pada awalnya menempati lahan PT KAI di Bongkaran, Tanah Abang kini sudah menempati lokasi di Jalan Cideng Timur, Gambir, Jakarta Pusat sejak Kamis (12/4) lalu.

Meski PT Padi Mas Reality selaku penyewa lahan tersebut menyatakan akan mencabut laporannya terkait pelarangan penggunaan tempat berdagang, namun pengelola Pasar Tasik, Heru Nuryaman menyatakan, ratusan pedagang Pasar Tasik tidak akan kembali lagi ke lahan Bongkaran.

Menurutnya, pasca penyegelan lahan Pasar Tasik beberapa waktu lalu, Pemkot Jakpus telah menjembatani 800 pedagang Pasar Tasik untuk berdagang di lahan milik swasta terletak di Jalan Cideng Timur, Tanah Abang, Jakpus.

Sejumlah pedagang Pasar Tasik yang pada awalnya menempati lahan PT KAI di Bongkaran, Tanah Abang kini sudah menempati lokasi di Jalan Cideng Timur, Gambir, Jakarta Pusat sejak Kamis (12/4) lalu.
Sejumlah pedagang Pasar Tasik yang pada awalnya menempati lahan PT KAI di Bongkaran, Tanah Abang kini sudah menempati lokasi di Jalan Cideng Timur, Gambir, Jakarta Pusat sejak Kamis (12/4) lalu. (Warta Kota/Rangga Baskoro)

"Sudah terlambat karena seluruh pedagang eks Pasar Tasik yang berjumlah sebanyak 800 pedagang sudah direlokasi menempati lahan baru, Jalan Cideng Timur, Tanah Abang," kata Heru saat dikonfirmasi, Senin (16/05).

Pasalnya, setelah direlokasi ke Jalan Cideng Timur, Tanah Abang, Jakpus, kata Heru bermunculan pahlawan kesiangan untuk mengambil alih pengelolaan pedagang.

Ia menambahkan, jika PT Padi Mas Reality berencana membuka kembali lokasi tersebut untuk penampungan pedagang dipersilakan namun dengan syarat tidak mengajak para pedagang Pasar Tasik yang sudah pindah sejak Kamis (12/4) lalu.

"Silakan saja cari pedagang sendiri. Karena kita sudah kontrak di lahan baru," jelasnya.

Lebih jauh lagi, Heru menjelaskan bahwa PT Padi Mas Reality bukanlah pengelola pedagang Pasar Tasik, melainkan hanya pihak penyewa lahan bongkaran. Sehingga kebijakan relokasi pedagang tetap berada di manajemennya.

Sementara itu, Wali Kota Jakpus, Mangara Pardede menyatakan, pihaknya sudah mencarikan lahan kosong untuk relokasi di Jalan Cideng Timur milik swasta seluas 1,5 hektar.

"Ratusan pedagang Pasar Tasik sudah bertemu dengan pemilik lahan dan sudah mengontrak selama satu tahun ke depan. Kita berharap tidak ada lagi pedagang di jalanan," ujarnya

Salah satu pedagang Pasar Tasik, Soraya (46) mengaku bersyukur bahwa relokasi penampungan untuk pedagang Pasar Tasik sudah ditampung di Jalan Cideng Timur.

"Rencananya mulai Besok, kami, para pedagang mulai berdagang. Mudah-mudahan pengunjung dan pelanggan banyak yang belanja," ujarnya. (*)

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help