Krisis Suriah

Ini Foto Satelit Kondisi Target Pascaserangan Udara AS, Suriah Bantah

"(Serangan) Kami telah mengenai sasaran, jantung program persenjataan kimia. Misi telah berhasil diselesaikan."

Ini Foto Satelit Kondisi Target Pascaserangan Udara AS, Suriah Bantah
CNN/digitalblobe
FOTO satelit menunjukkan lokasi target sasaran serangan militer AS, Sabtu (15/4/2018). Tampak bagian yang diyakini hancur terkena misil AS. 

AMERIKA SERIKAT bersama Perancis dan Inggris telah melancarkan serangan militer ke tiga fasilitas militer yang diyakini berkaitan dengan program senjata kimia milik Suriah.

Lebih dari 100 misil jelajah ditembakkan AS beserta sekutunya pada Jumat (13/4/2018) malam atau Sabtu (14/4/2018) waktu Indonesia.

Presiden AS Donald Trump mengumumkan, serangan ke fasilitas militer dan laboratorium Suriah itu telah berhasil dilaksanakan. Departemen Pertahanan AS lalu merilis peta yang dikatakannya sebagai tiga sasaran serangan udara mereka.

Baca: Tim Penyelidik Senjata Kimia Tiba di Douma, Suriah Janjikan Bebas Tekanan

Tiga situs tersebut yakni pusat riset serta fasilitas gudang dan pos komando di dekat Damaskus, serta fasilitas penampungan senjata kimia di dekat Homs.

Juru bicara Pentagon, Dana White mengatakan kepada wartawan, Sabtu (14/4/2018), serangan telah berhasil mengenai sasaran dengan tepat.

Namun Rusia, sekutu kuat militer Suriah tak setuju dengan laporan itu dan mengatakan bahwa sistem pertahanan udara milik Damaskus justru telah berhasil mencegat 71 dari total 103 misil yang mengarah ke sasaran.

Baca: Ini Pro Kontra Negara-negara Arab Soal Serangan AS dan Sekutunya ke Suriah

FOTO satelit menunjukkan lokasi target sasaran serangan militer AS sebelum terjadinya serangan.
FOTO satelit menunjukkan lokasi target sasaran serangan militer AS sebelum terjadinya serangan. (CNN/digitalblobe)

Ditambahkan laporan dari Moskwa, sisa misil yang luput dari sistem pertahanan telah mengenai lapangan udara militer, lokasi industri, dan fasilitas penelitian Suriah.

Akan tetapi, lagi-lagi laporan itu dibantah oleh Damaskus. Suriah menyebut beberapa situs yang menjadi target serangan AS dan sekutunya tidak mengalami kerusakan.

Halaman
12
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved