Arema FC Terancam Denda Miliaran Rupiah Gara-gara Aremania Rusuh

Laga dengan skor imbang 2-2 ini terpaksa dihentikan wasit Handri Kristanto karena para Aremania turun ke lapangan

Arema FC Terancam Denda Miliaran Rupiah Gara-gara Aremania Rusuh
Suasana kerusuhan saat laga Arema FC vs Persib Bandung, Minggu (15/4/2018) malam. (Foto: Istimewa) 

WARTA KOTA, PALMERAH - Sebuah anomali muncul ketika pendukung setia sebuah tim malah merugikan tim kebanggaannya sendiri atas aksinya yang tidak terpuji.

Aremania, pendukung setia Arema FC yang merupakan suporter terbaik Piala Jendral Sudirman 2016 ini terancam sanksi denda miliaran dari Komite Disiplin (Komdis) PSSI akibat rusuh saat laga Arema FC vs Persib Bandung, Minggu (15/4/2018) malam.

Laga dengan skor imbang 2-2 ini terpaksa dihentikan wasit Handri Kristanto karena para Aremania turun ke lapangan dan menjadi beringas melakukan pelemparan saat menyisakan beberapa menit lagi di injury time.

Jika kejadian ini dirujuk ke kode disiplin yang dikeluarkan PSSI, pelanggaran yang terjadi pada pertandingan Arema FC vs Persib tadi malam adalah;

1. Suporter menyerbu masuk ke lapangan
2. Melemparkan benda ke dalam lapangan yang berpotensi melukai
3. Melukai official Persib
4. Menyalakan flare, petasan hingga membakar atribut di tribun.

Sementara itu, kode disiplin PSSI yang dilanggar oleh Aremania pada laga tadi malam adalah sebagai berikut;

Penggunaan benda-benda yang mengandung api (flare, smoke bomb, petasan) denda yang dijatuhkan Rp 50 Juta untuk sekali penyalaan sampai Rp 200 Juta untuk tiga kali penyalaan api di tribum stadion.

Untuk pelemparan botol terisi dan batu atau benda keras kode disiplin PSSI menyebutkan denda yang dijatuhkan sebesar Rp 50 juta dan Rp 30 juta untuk pelemparan botol yang kosong serta Rp Juta untuk pelemparan gelas plastik.

Kode disiplin PSSI juga mengatur untuk dilarang keras memasuki lapangan pertandingan tanpa seizin panitia pelaksana pertandingan, jika itu terjadi maka akan diberi sanksi denda sebesar Rp 30 Juta jika satu orang, dan Rp 50 juta jika dua sampai lima orang yang memasuki lapangan.

Maka dengan mengacu kepada kode disiplin PSSI 2018, jika total denda dijumlahkan Arema FC sebagai tim yang bertanggung jawab terancam denda sebesar kurang lebih Rp 1 Miliar bahkan, Arema terancam bertanding tanpa penonton.

Mengenai ancaman sanksi terhadap Arema FC, manajemen Arema lewat ketua Panpelnya, Abdul Haris mengaku siap menghadapinya.

Laporan dan klarifikasi juga akan dilakukan sebagai bagian dari pertanggungjawaban.

“Bagaimana pun sanksi (sudah) di depan mata. Tapi Arema harus memberikan laporan dan klarifikasi. Makanya kita harus lakukan konferensi pers. Karena ini pertanggungjawaban untuk media. Kami akan istiqomah dengan sanksi,” jelas Abdul disampaikan oleh Media Officer Arema FC, Sudarmadji, Minggu (15/4/2018) malam.

Gol pada laga imbang 2-2 ini dicetak oleh Thiago Furtuoso pada menit ke-19 dan Balsa Bozovic (87') dari Arema FC.

Sementara dua gol Persib Bandung diborong striker asal Chad, Ezechiel N'Douassel, pada menit ke-20 dan 78. (M17)

Penulis: Gisesya Ranggawari
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help