WartaKota/
Home »

Video

VIDEO: Ini Aksi Dinas PUPR dan Kodim Depok, Normalisasi Kali Cabang

Normalisasi berupa pengerukan lumpur dan sampah di saluran irigasi sepanjang 650 meter yanh dilakukan secara manual.

WARTA KOTA, DEPOK -- Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok bersama Kodim 0508/Depok, menggelar aksi bersih-bersih untuk menormalisasi saluran irigasi di Kali Cabang Tengah dan Kali Cabang Barat, di Jalan Pertanian, RW 1, Kelurahan Grogol, Kecamatan Limo, Depok, Sabtu (14/4/2018).

Aksi ini melibatkan 70 personel satuan tugas (satgas) SDA Dinas PUPR Depok serta 50 personel TNI dari Kodim 0508/Depok.

Normalisasi berupa pengerukan lumpur dan sampah di saluran irigasi sepanjang 650 meter yanh dilakukan secara manual.

Selain itu para petugas juga membersihkan tumbuhan liar dan ilalang yang menutupi bantaran saluran irigasi.

Kepala Bidang SDA Dinas PUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianti, menuturkan kegiatan bertajuk Karya Bhakti TNI bersama Pemkot Depok ini, sengaja dilakukan di dua saluran irigasi di Kelurahan Grogol, Limo, Depok, yang dikenal sebagai kawasan pertanian atau area persawahan.

Sebab saluran irigasi di sini cukup sulit dijangkau dengan alat berat, sehingga sedimentasi saluran sudah terjadi cukup lama dan dapat menyebabkan pengairan di area pertanian warga terganggu.

"Karena akses jalan yang sempit dan sulit dijangkau alat berat, normalisasi dan pembersihan saluran irigasi, kami lakukan secara manual dengan menurunkan satgas kami dibantu personel TNI dari Kodim Depok," kata Citra yang turun langsung dan turut serta melakukan aksi bersih-bersih di saluran irigasi, Sabtu (14/4/2018).

Ia menjelaskan selain dapat menyebabkan pengairan area pertanian warga terganggu, sedimentasi di dua saluran irigasi di wilayah ini berpotensi menyebabkan banjir.

Karenanya pihaknya kata Citra memfokuskan kegiatan normalisasi di sana.

"Kalau sedimentasi didiaamkan, dapat menghambat lancarnya aliran air menuju kawasan persawahan, sehingga akan merugikan para petani, dan terlebih yang dikhawatirkan menyebabkan banjir," kata Citra.

Halaman
12
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help