Pariwisata

Mau ke Luar negeri, Unduh Dulu Aplikasi Safe Travel dari Kementerian Luar Negeri

Tren wisata ke luar negeri tiap tahun meningkat. Data dari Ditjen Imigrasi tahun 2016 ada 8.4 juta orang Indonesia melancong ke luar negeri.

Mau ke Luar negeri, Unduh Dulu Aplikasi Safe Travel dari Kementerian Luar Negeri
Warta Kota/Lilis Setyaningsih
Kementerian Luar Negeri meluncurkan aplikasi safe travel di Central Park, Sabtu (14/4/2018). Rangkaian acara telah dimulai sejak Rabu (11/4/2018) hingga Minggu (15/4/2018). Perhelatan ini diisi berbagai aktivitas seperti talkshow, foto di booth, kuis, lomba dengan aneka hadiah yang disediakan. 

Tren wisata ke luar negeri tiap tahun meningkat. Data dari Ditjen Imigrasi tahun 2016 ada 8.4 juta orang Indonesia melancong ke luar negeri.

Tahun 2017 naik menjadi 9.1 juta. Tahun 2018 diperkirakan jumlahnya akan meningkat. Jumlah ini belum termasuk Tenaga Kerja Indonesia.

Menyadari ada jutaan warga Indonesia di luar negeri, Kementerian Luar Negeri memanfaatkan kemajuan teknologi komunikasi dan informasi guna melindungi Warga Negara Indonesia (WNI) dan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang berada di luar negeri dengan meluncurkan aplikasi Safe Travel berbasis Android dan iOS.

Aplikasi ini berfungsi apabila WNI dan TKI mendapatkan masalah sehingga pemerintah dapat memberikan bantuan, juga dapat memantau sebaran, lokasi, dan identitas WNI dan TKI di luar negeri.

“Kami memandang penting memanfaatkan teknologi dalam menghadapi situasi keamanan WNI dan TKI yang berada di luar negeri, baik untuk sementara ataupun menetap. Kemenlu meluncurkan aplikasi Safe Travel,” tutur Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, dalam acara The Safe Travel Fest dengan yang bertajuk “Responsibly Fun”, di Central Park, Sabtu (14/4/2018).

Retno mengatakan, aplikasi Safe Travel @safetravelkemlu ini diilhami dari bencana gempa bumi di Nepal pada 2015.

Dapat diunduh gratis

Aplikasi yang dapat diunduh secara gratis ini dirancang dengan konsep aman dan menyenangkan, berisikan informasi praktis yang diperlukan WNI dan TKI.

Data Kementerian Luar Negeri menunjukkan sebanyak 2.978.446 WNI berada di luar negeri.

Dari jumlah tersebut, mayoritas sebesar 2.825.939 merupakan pekerja migran, sisanya terdiri atas pelajar dan Anak Buah Kapal (ABK).

Halaman
123
Penulis: Lilis Setyaningsih
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help