Home »

Depok

Gandeng TNI, Dinas PUPR Depok Keruk Saluran Air dan Kali di Tiga Kecamatan

DPU dan Penataan Ruang Kota Depok menggandeng Kodim 0508/Kota Depok dalam menormalisasi saluran irigasi di Kali Cabang Tengah dan Kali Cabang Barat.

Gandeng TNI, Dinas PUPR Depok Keruk Saluran Air dan Kali di Tiga Kecamatan
Warta Kota/Budi Sam Law Malau
Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Depok bersama Kodim 0508/Depok, menggelar aksi bersih-bersih untuk menormalisasi saluran irigasi di Kali Cabang Tengah dan Kali Cabang Barat, di Jalan Pertanian, RW 01, Kelurahan Grogol, Kecamatan Limo, Depok, Sabtu (14/4/2018), yang merupakan kawasan pertanian. 

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok menggandeng personel TNI dari Komando Distrik Militer (Kodim) 0508/Kota Depok, dalam menormalisasi saluran irigasi di Kali Cabang Tengah dan Kali Cabang Barat, di Jalan Pertanian, RW 1, Kelurahan Grogol, Kecamatan Limo, Depok.

Normalisasi yang dilakukan secara manual dan tanpa alat berat itu dilakukan mulai, Sabtu (14/4/2018) sampai Jumat (20/4/2018) mendatang, dengan catatan hari Minggu (15/4/2018) tidak ada pengerjaan.

Dipilihnya saluran irigasi di Limo sebagai sasaran, karena selama ini saluran di sana cukup sulit dijangkau alat berat untuk kegiatan normalisasi. Penyebabnya adalah akses jalan yang kecil dan kurang memadai.

Sehingga normalisasi berupa pengerukan saluran dan pembersihanya, mesti dilakukan secara manual dan tepat dilakukan Satgas Sumber Daya Air (SDA) dari Dinas PUPR Depok dengan melibatkan puluhan personel TNI dari Kodim Depok.

Harus dirapatkan dulu

Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas PUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianti menuturkan, selain di Limo, Depok, ada dua wilayah lagi yang saluran air atau kalinya juga akan menjadi sasaran normalisasi pihaknya dengan menggandeng Kodim Depok.

"Dua wilayah lain itu adalah di Kecamatan Cipayung dan Kecamatan Pancoran Mas. Namun belum ditentukan titik lokasinya, karena harus kami rapatkan dulu, juga bersama Kodim. Jadi baru ditentukan kecamatannya saja," kata Citra, kepada Warta Kota, Minggu (15/4/2018).

Selain itu kata Citra, meski sudah dipastikan untuk dilakukan, pihaknya juga belum menentukan kapan pelaksanaan normalisasi saluran atau kali serta bersih-bersih di dua kecamatan itu akan dilakukan.

"Karena kami harus rapat kordinasi atau rakor dulu sama Kodim. Sementara saat ini kami dan Kodim masih fokus dulu di Grogol, Limo, karena masih akan berlangsung sampai Jumat pekan depan," katanya.

Ia mengatakan, setelah kegiatan pembersihan dan normalisasi saluran irigasi di Kelurahan Grogol, Kecamatan Limo, rampung, barulah pihaknya segera melakukan rakor dengam Kodim Depok.

Halaman
1234
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help