Home »

News

» Jakarta

Anies-Sandi, Dari Nama Kampung Hingga Nama Bocah, Jokowi Kalah?

Jika di Tanjung Priuk Jakarta Utara terdapat kampung yang bernama 'Anies Sandi', maka di Penjaringan terdapat seorang bocah bernama Anies-Sandi.

Anies-Sandi, Dari Nama Kampung Hingga Nama Bocah, Jokowi Kalah?
WARTA KOTA/YOSIA MARGARETTA
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menggendong bocah bernama Muhammad Anies Sandi, di Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara, Sabtu (14/4/2018). 

Jika di Tanjung Priuk Jakarta Utara terdapat kampung yang bernama 'Anies Sandi', maka di Penjaringan terdapat seorang bocah dengan nama yang sama, Anies-Sandi.

Padahal Presiden Joko Widodo saja baru menemukan seorang anak yang diberi sesuai namanya di Asmat, Papua. Dan belum ada satupun nama kampung di Indonesia bernama kampung Jokowi. Kalahkah Jokowi?

Adalah Muhammad Anies Sandi (1) atau yang bisa disapa M Asa, bocah di Kampung Akuarium Penjaringan Jakarta Utara yang namanya terinspirasi dari Anies Baswedan dan Sandiaga Uno.

M Asa lahir pada tanggal 17 Februari 2017 dari pasangan orang tua Supiyati (36) dan Muhammad Akbar (38). Ia merupakan anak bungsu dari enak bersaudara. Kelima saudaranya yang lain yakni Chika Aurelia (16), Dhea Ananda (12), Abi Rehan (10), Salsabillah (7) dan Atikah (6).

"Dulu sebelum Pak Anies jadi gubernur beliau kan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ya, saya sangat kagum dengan sosoknya, kelembutannya dan ketenangan beliau membuat saya ngefans banget sama Pak Anies," tutur Supiyati, ibu dari bocah Muhammad Anies Sandi atau M Asa kepada Warta Kota, Sabtu (14/4/2018) di Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara.

Supiyati (36) dan anaknya yang bernama Muhammad Anies Sandi (1) ketika dijumpai di Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara, pada Sabtu (14/4/2018).
Supiyati (36) dan anaknya yang bernama Muhammad Anies Sandi (1) ketika dijumpai di Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara, pada Sabtu (14/4/2018). (WARTA KOTA/HAMDI PUTRA)

Baca: Terinspirasi, Supiyati Beri Nama Anaknya Anies Sandi di Kampung Akuarium

Menurutnya, saat M Asa masih dalam kandungan, dirinya ngidam ingin bertemu dengan Anies Baswedan. Keinginan tersebut terjawab karena Anies Baswedan yang saat itu masih belum menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta berkunjung ke Kampung Akuarium.

"Waktu itu Pak Anies bilang mudah-mudahan persalinannya lancar ya bu. Ini kan suatu do'a yang sangat berarti buat saya. Barulah setelah dua hari pasca Pilkada DKI Jakarta putaran pertama, M Asa lahir dengan selamat," kata Supiyati.

Hari-hari berlalu sampai Muhammad Anies Sandi berumur 2 minggu. Kebetulan, waktu itu Anies Baswedan sedang berkunjung ke Kampung Akuarium. Supiyati yang mendengar kabar kedatangan sang idola langsung berlari menuju sosok tersebut.

"Setelah pilkada putaran pertama Pak Anies datang gendong dia untuk pertama kalinya, masih merahlah, umur 2 minggu. Katanya beliau siapa namanya bu, Muhammad Anies Sandi jawab saya. Pak Anies senang banget suatu kebanggaan buat beliau. Kalau nama panggilannya M Asa ya Bu kata pak Anies." Demikian Supiyati menceritakan percakapannya dengan Anies Baswedan kala itu.

Halaman
12
Penulis: Hamdi Putra
Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help