Krisis Semenanjung Korea

PBB Butuh Dana Rp 1,5 Triliun untuk Atasi Gizi Buruk di Korut

"Gizi buruk terus menjadi perhatian utama. Masyarakat kesulitan mendapatkan akses kesehatan di Korea Utara..."

PBB Butuh Dana Rp 1,5 Triliun untuk Atasi Gizi Buruk di Korut
AP/David Guttenfelder via npr.org
KELAPARAN yang berujung pada gizi buruk masih menghantui masyarakat Korea Utara. Laporan PBB, lebih dari 10 juta orang, atau sekitar 40 persen populasi Korea Utara diyakini membutuhkan bantuan kemanusiaan. 

PBB membutuhkan dana senilai 111 juta dollar AS atau Rp 1,5 triliun untuk memberi bantuan kemanusiaan ke Korea Utara (Korut).

Laman resmi PBB pada Kamis (12/4/2018), bantuan tersebut termasuk untuk mengatasi gizi buruk di negara pimpinan Kim Jong Un, di mana anak-anak tak mendapat cukup makan.

"Bantuan kemanusiaan penting bagi jutaan masyarakat biasa yang hidup di Korea Utara," ucap Koordinator PBB untuk negara Asia, Tapan Mishra.

Selain untuk program perbaikan gizi, dana tersebut bakal digelontorkan untuk membangun akses kesehatan, ketahanan pangan, dan proyek air bersih.

Baca: Sama-sama Kelaparan, Warga Mulai Bentrok dengan Tentara Korut

Berdasarkan laporan Kantor Koordinasi Urusan Kemanusiaan PBB (OCHA), ketegangan politik di Korut telah menyebabkan kekurangan pangan, gizi buruk anak, dan kurangnya nutrisi bagi penduduk di seluruh negara.

Lebih dari 10 juta orang, atau sekitar 40 persen populasi Korea Utara diyakini membutuhkan bantuan kemanusiaan.

"Gizi buruk terus menjadi perhatian utama. Masyarakat kesulitan mendapatkan akses kesehatan," ucap Mishra, seperti dilansir dari The Independent.

Baca: Di Balik Ambisi Nuklir Kim Jong Un, Bencana Kelaparan Intai Korut

Pada tahun lalu, PBB hanya mendapatkan dana sebesar 30 persen dari target 114 juta dollar AS untuk bantuan kemanusiaan di Korea Utara. PBB berencana untuk memberikan bantuan kepada 18 juta warga Korea Utara, namun hanya 6,5 juta yang mendapatkan manfaatnya.

Halaman
12
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved