Go-Jek Dapat Suntikan Dana Ratusan Miliar Lagi, Kali Ini Dari Allianz

Allianz X yang merupakan unit bisnis investasi digital Allianz mengonfirmasi investasi sebesar 35 juta dollar AS untuk Go-Jek.

Go-Jek Dapat Suntikan Dana Ratusan Miliar Lagi, Kali Ini Dari Allianz
TMC
Demonstrasi ojek online (ojok) di kawasan Istana. 

Raksasa asuransi Jerman Allianz menyuntikkan modal kepada perusahaan teknologi penyedia layanan transportasi daring Go-Jek. Dengan demikian, valuasi Go-Jek kini mencapai sekitar 4,5 miliar dollar AS.

Dikutip dari Tech Crunch, Jumat (13/4/2018), Allianz X yang merupakan unit bisnis investasi digital Allianz mengonfirmasi investasi sebesar 35 juta dollar AS untuk Go-Jek. Ini merupakan investasi pertama Allianz X di Asia Tenggara. Jumlah itu sekitar Rp 479 miliar (kurs Rp 13.700 per dollar AS).

Sebelumnya, Allianz X telah menyuntikkan modal kepada perusahaan teknologi keuangan Eropa N26 dan perusahaan layanan asuransi mikro di negara berkembang Bima. Sebelum Allianz X, sejumlah raksasa teknologi dunia juga sudah berinvestasi di Go-Jek, seperti Google dan Tencent. Selain itu, Go-Jek juga telah menerima investasi dari raksasa e-commerce China JD.com, perusahaan layanan pengiriman barang China Meituan, dan beberapa perusahaan lainnya.

Dengan demikian, saat ini diestimasikan valuasi Go-Jek telah mencapai kisaran 4,5 miliar dollar AS. Pihak Go-Jek belum mengumumkan investasi tersebut secara formal. Go-Jek dan Allianz sudah menjalin kerja sama sejak dua tahun silam. Allianz Indonesia mendukung Go-Jek dengan menyediakan layanan asuransi kesehatan bagi mitra pengemudi Go-Jek dan keluarga mereka.

Perusahaan asuransi tersebut memiliki rencana untuk meningkatkan akses terhadap produk dan layanan asuransi bagi mitra-mitra Go-Jek dan konsumennya. Hal ini pun sejalan dengan langkah Go-Jek dalam ekspansi ke layanan keuangan. "Go-Jek telah menunjukkan rekam jejak kesuksesan di (bidang) transportasi, logistik, dan pembayaran. Kami menantikan untuk mendukung kelanjutan pertumbuhan mereka," kata CEO Allianz X Nazim Cetin.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Go-Jek Dapat Suntikan Modal Rp 479 Miliar dari Allianz", 
Penulis : Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor: ahmad sabran
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved