Sama-sama Pakai Listrik, Ini Beda MRT dan KRL

Mass Rapid Transit atau MRT merupakan moda transportasi kereta yang akan segera dioperasikan di Jakarta pada Maret 2019.

Sama-sama Pakai Listrik, Ini Beda MRT dan KRL
WARTA KOTA/YOSIA MARGARETTA
Sebanyak 12 gerbong kereta Mass Rapid Transit (MRT) rangkaian pertama, tiba di Lebak Bulus, Jakarta Selatan. 

Laporan Wartawan Wartakotalive, Yosia Margaretta

WARTAKOTA, LEBAK BULUS -- Mass Rapid Transit atau MRT merupakan moda transportasi kereta yang akan segera dioperasikan di Jakarta pada Maret 2019.

Sama dengan commuter line atau Kereta Rangkaian Listrik (KRL), MRT juga menggunakan listrik sebagai tenaga untuk menjalankan kereta tersebut.

Direktur Utama PT MRT Jakarta, William Sabandar menyatakan bahwa untuk menjalankan fase pertama ini saja PT MRT Jakarta membutuhkan listrik sebesar 70 Megawatt di Depo 1 MRT Lebak Bulus tersebut.

"Listrik total kita butuhkan itu 70 Megawat untuk menjalankan fase pertama," ujar William di Depo 1 MRT Lebak Bulus, Kamis (12/4/2018).

Lalu apa perbedaan MRT dengan KRL apabila keduanya sama-sama menggunakan listrik sebagai tenaga utamanya.

William menjelaskan bahwa letak perbedaan antara MRT dan KRL yang utama adalah pada sistem pengoperasiannya yang otomatis.

"Ini adalah take bound transportation. Yang kedua kalau lihat dari sistem otomatis persinyalan, ini di lakukan yang namanya transportation base train control dimana tadi pengoprasian itu dilakukan secara semiotik otomatis," tutur William.

*Kereta itu di center, pusat pengendalian kereta. Dan itu yang menjalankan kereta. Jadi dia akan on time, berangkatnya kapan, berhentinya kapan, titik berangkatnya dimana, titik berhentinya dimana," sambungnya.

Sama dengan KRL, MRT nantinya juga akan memiliki masinis namun tidak sebanyak yang dilakukan masinis KRL.

"Peran masinis itu minimal. Ada pada saat menutup pintu kalau ada posisi-posisi emergency gitu," turur William. (m-14)

Penulis: Yosia Margaretta
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved