WartaKota/

Pengelola Pusat Belanja Bahas Strategi Hadapi E-Commerce

Sebanyak 400 pengelola pusat belanja dari seluruh Indonesia mengikuti seminar dan rakernas APPBI khusus membahas e-commerce.

Pengelola Pusat Belanja Bahas Strategi Hadapi E-Commerce
warta kota/Feryanto Hadi
Seminar yang digelar APPBI di Jakarta. 

WARTA KOTA, KEBAYORAN LAMA-Sebanyak 400 pengelola pusat belanja dari seluruh Indonesia mengikuti seminar dan rakernas yang digagas Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) di Sheraton Grand Jakarta, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Dalam acara yang digelar selama dua hari, Kamis (12/4) dan Jumat (13/4), dibahas berbagai gelombang perubahan, termasuk disrupsi dan e-commerce yang sedikit banyak telah mempengaruhi eksistensi mal dan pusat belanja.

Stefanus Ridwan selaku Ketua DPP APPBI mengatakan, dalam rakernas ini, dilakukan sejumlah diskusi dengan menghadirkan banyak narasumber.

Adapun tujuannya, menurut Ridwan, mencari jalan terbaik bagi pusat belanja dalam menghadapi era digital saat ini.

"Pusat belanja dituntut untuk dapat berubah dari sebelumnya hanya untuk berbelanja menjadi tempat yang memberikan pengalaman yang luar biasa menyenangkan atau leisure," jelas Ridwan ditemui di sela kegiatan, Kamis.

APPBI dalam kegiatan itu juga mengundang pihak dari Kementerian Perdagangan, Kementerian Pariwisata, Kementerian Keuangan termasuk Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Ridwan menambahkan, APPBI juga mengimbau kepada para pengelola pusat belanja untuk lebih kreatif lagi guna mendongkrak jumlah kedatangan masyarakat.

Sebab, hidup matinya pusat belanja sangat tergantung dengan jumlah kunjungan.

"Pelaku usaha yang membuka usaha di mal tentunya melihat traffic kunjungan. Untuk itu perlu ada terobosan bagaimana memancing traffic ini agar bisa meningkat atau minimal bertahan," jelasnya.

Pusat belanja kelas kecil dan sedang di Jakarta, kata dia, masih banyak dikunjungi masyarakat dengan angka belasan ribu hingga 30 ribu pengunjung per hari. Berbeda dengan mal yang tingkatannya lebih baik yang menghadirkan konsep berbeda dari mal lain, maka tingkat kunjungan lebih besar.

Halaman
123
Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help