Pilpres 2019

Jokowi Siap Patuhi Larangan Bagi-bagi Sepeda Saat Kampanye

Bawaslu mengingatkan Presiden Joko Widodo (Bawaslu) agar tidak membagikan sepeda saat masa kampanye Pilpres 2019 berlangsung.

Jokowi Siap Patuhi Larangan Bagi-bagi Sepeda Saat Kampanye
Agus Suparto/Fotografer Istana Kepresidenan
Jokowi diikuti Menteri PUPR saat menggeber motor gede, Minggu (8/4/2018). 

WARTA KOTA, BOGOR - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengingatkan Presiden Joko Widodo (Bawaslu) agar tidak membagikan sepeda saat masa kampanye Pilpres 2019 berlangsung.

Lantas, bagaimana respons pihak Istana atas peringatan dari wasit penyelenggara pemilu tersebut? Juru Bicara Presiden Johan Budi mengatakan, sah-sah saja Bawaslu atau Komisi Pemilihan Umum (KPU) membuat peraturan tersebut.

"Yang penting ada aturan yang jelas dan di masa kampanye. Konteks yang dibuat Bawaslu atau KPU itu kan masa kampanye," kata Johan saat dihubungi di Bogor, Selasa (10/4/2018).

Baca: Sandiaga Uno: Hentikan Buang Sampah ke Badan Air

‎Johan menegaskan, Presiden Jokowi bakal mematuhi aturan yang telah ditetapkan oleh penyelenggara pemilu.

"Kalau ada aturan yang jelas, bahwa itu tidak boleh dilakukan dalam masa kampanye, ya Presiden akan mengikuti aturan itu," ucap Johan.

Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Rahmat Bagja mengimbau Presiden Joko Widodo tidak membagikan sepeda, setelah ditetapkan sebagai calon presiden oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Baca: Rayakan 60 Tahun Kerja Sama dengan Selandia Baru, Jokowi: Jangan Lupa Minum Kopi Indonesia

Berdasarkan Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, masa kampanye ditetapkan mulai September 2018 hingga April 2019.

"Kalau kampanye tidak bagi-bagi. Bagi-bagi sepeda enggak boleh kalau sudah menjadi calon presiden, termasuk kampanye. Kalau sudah jadi capres dan sudah memasuki tahapan kampanye, kami sarankan tidak (bagi-bagi)," tutur Bagja, Selasa (10/4/2018).

Halaman
12
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved