Krisis Semenanjung Korea

Inggris Kerahkan 3 Kapal Perang untuk Tekan Korut 

Dalam beberapa bulan terakhir, dilaporkan kapal-kapal secara ilegal membawa minyak kepada Korut melewati perairan internasional.

Inggris Kerahkan 3 Kapal Perang untuk Tekan Korut 
xmr.co.uk
KAPAL Perang Inggris HMS Albion 

WARTA KOTA, LONDON --- Inggris mengumumkan telah mengerahkan tiga kapal perang mereka ke kawasan perairan Asia Pasifik. Diwartakan Sky News Rabu (11/4/2018), HMS Albion bakal bergabung dengan HMS Sutherland dan HMS Argyll yang sudah diberangkatkan sebelumnya.

Menteri Pertahanan Gavin Williamson berkata, pengerahan tiga kapal penyerang itu merupakan bentuk komitmen mereka untuk menekan Korea Utara ( Korut). Tiga kapal perang itu dikerahkan untuk menegakkan sanksi yang sudah diberikan oleh Dewan Keamanan PBB kepada Korut

Baca: Meski Korut Bersedia Dialog, Bukan Berarti Sanksi PBB Langsung Dicabut

Sanksi tersebut berupa larangan bagi kapal negara lain untuk membawa bahan produksi kepada negara pimpinan Kim Jong Un tersebut.

Sanksi itu dilanggar Korut. Dalam beberapa bulan terakhir, dilaporkan kapal-kapal secara ilegal membawa minyak kepada Korut melewati perairan internasional.

Pada Oktober 2017, kapal berbendera Hong Kong dihentikan oleh militer Korea Selatan (Korsel) setelah diduga menyelundupkan 600 ton minyak ke Korut.

Februari lalu, Kementerian Keuangan Amerika Serikat (AS) membeberkan data bahwa ada 50 kapal yang melanggar resolusi.

"Tindakan kami merupakan tanggung jawab internasional untuk menjaga perdamaian dan keamanan di kawasan," tutur Wiliamson.

Baca: PBB: Dialog dengan Korut, Harus Bahas soal Pelanggaran HAM! 

Nantinya, tiga kapal itu bakal mengikuti latihan gabungan dengan Australia, Malaysia, Selandia Baru, dan Singapura.

Halaman
12
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help