Sudin Dukcapil Jakarta Utara Gelar Pelayanan di Kampung Akuarium

Layanan ini bertujuan untuk mempermudah perpindahan administrasi kependudukan sesuai domisili sekarang.

Sudin Dukcapil Jakarta Utara Gelar Pelayanan di Kampung Akuarium
Warta Kota/Feryanto Hadi
Ilustrasi. 

WARTA KOTA, PENJARINGAN -- Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Utara menggelar pelayanan keliling bagi warga Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara.

Hal ini karena mereka telah resmi tercatat sebagai warga RT 12/RW 04 Penjaringan.

Kepala Suku Dinas Dukcapil Jakarta Utara, Erik Polim Sinurat mengatakan, dengan wilayah baru tersebut otomatis mereka harus mengubah data KTP elektronik lama supaya sesuai dengan domisili sekarang.

“Layanan ini bertujuan untuk mempermudah perpindahan administrasi kependudukan sesuai domisili sekarang, unit shelter yang mereka tempati di Kampung Akuarium. Total ada 85 KK yang kita proses,” ucapnya, Selasa (10/4/2018).

Erik mengatakan hampir seluruh warga Kampung Akuarium yang wajib KTP, sudah melakukan proses perekaman. Sehingga layanan mobil perekaman hanya ditujukan untuk warga yang datanya belum direkam.

“Jadi, nantinya warga Kampung Akuarium akan dibuatkan Kartu Keluarga dan Surat Keterangan (Suket) sesuai domisili, saat ini. Mudah-mudahan, pencetakan KK dan Suket rampung dalam 1-2 hari kedepan,” katanya.

Sementara itu Asisten Pemerintahan Kota Administrasi Jakarta Utara, Abdul Khalid mengatakan pihaknya akan mendorong pembentukan kepengurusan RT definitif. Namun sebelum itu terjadi, akan ada caretaker kepengurusan RT.

“Saat ini, sudah dibentuk kepengurusan caretaker RT 12/RW 04 Penjaringan yang sekarang dijabat oleh Kepala Seksi Pemerintahan Kelurahan Penjaringan, Suharsono,” ungkapnya.

Menurut Khalid, kepengurusan RT definitif baru, bisa terbentuk setelah pelayanan administrasi yang digelar Suku Dinas Dukcapil Jakarta Utara selesai. Sehingga dapat dipastikan siapa saja yang tercatat sebagai penduduk di RT 12/RW 04 Penjaringan.

Jika itu semua sudah rampung, maka pembentukan kepengurusan RT bisa segera dilakukan. Nantinya pembentukan kepengurusan RT definitif akan diserahkan kepada warga untuk menentukan siapa pemimpin yang akan dipilih.

“Setelah proses administrasi kependukan selesai, kita akan dorong untuk adanya pembentukan kepengurusan RT definitif. Nah untuk prosesnya nanti gimana, ya tergantung warga,” katanya.

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved