Jalan Rawan Rusak Ibukota Bakal Dibeton

Seluruh jalanan ibu kota yang termasuk dalam kategori rawan rusak bakal dibeton Dinas Bina Marga DKI Jakarta.

Jalan Rawan Rusak Ibukota Bakal Dibeton
Warta Kota/Anggie Lianda Putri
Mulai dari Jatinegara Mester sampai depan Samsat Jakarta Timur jalan tidak rata dan bergelombang 

WARTA KOTA, JATINEGARA-Seluruh jalanan ibu kota yang termasuk dalam kategori rawan bakal dibeton Dinas Bina Marga DKI Jakarta.

Walau mahal, peningkatan jalan tersebut dinilai lebih ekonomis dibandingkan pengaspalan.

Keputusan tersebut diungkapkan Kepala Bidang Jalan Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Yudi Febriadi dipilih karena penghematan biaya.

Sebab, apabila dibandingkan dengan penggunaan aspal, beton dapat cepat kering dan efisien dalam pengerjaan.

Hal tersebut ditujukan pada proyek betonisasi di Jalan DI Panjaitan, tepatnya seberang Pasar Prumpung, Jatinegara, Jakarta Timur.

Jalan yang berada di kolong Tol Wiyoto-Wiyono itu dibeton pada sisi timur dan barat sepanjang 300 meter, mulai dari Exit Tol Pedati hingga percabangan jalan menuju Stasiun Jatinegara.

"Kita beton karena cepat pengerjaannya, malam kita lubangi, beton sudah bisa diisi. Delapan jam atau sekitar jam sembilan pagi sudah kering, kita sudah bisa langsung open traffic," ungkapnya ditemui di lokasi pada Selasa (10/4/2018).

Karena itu, lanjutnya, seluruh jalan rawan rusak yang telah dipetakan di Ibukota akan dirubah menjadi beton. Walau betonisasi lebih mahal ketimbang aspal, peningkatan jalan tersebut diakuinya justru lebih ekonomis karena lebih awet.

"Kalau dibandingin (aspal) bisa berkali lipat, tapi kita kan hitung cost-nya (biaya) bukan dari pembelian, tetapi masa pakainya juga, beton lebih kuat dan awet. Efisiensi juga dilihat dari proses pengerjaan sampai jalan bisa dibuka, faktor kemacetan dihitung karena termasuk cost juga," tuturnya.

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved