Jalan Pramuka Arah Manggarai-Proklamasi Macet Parah Setelah Underpass Matraman Dibuka

Setelah underpass Matraman diuji coba pada Selasa (10/4/2018) pagi ini, arus lalu lintas Pramuka arah Manggarai-Proklamasi malah macet parah.

Jalan Pramuka Arah Manggarai-Proklamasi Macet Parah Setelah Underpass Matraman Dibuka
WARTA KOTA/JOKO SUPRIYANTO
Arus lalu lintas Pramuka arah Manggarai-Proklamasi macet parah setelah underpass Matraman diuji coba pada Selasa (10/4/2018) pagi ini. 

WARTA KOTA, MATRAMAN - Setelah underpass Matraman diuji coba pada Selasa (10/4/2018) pagi ini, arus lalu lintas Pramuka arah Manggarai-Proklamasi malah macet parah.

Pantauan Wartakotalive.com, kemacetan justru mengular panjang mulai dari Jalan Pramuka hingga Jalan Proklamasi. Kemacetan dipicu pertemuan dua arus antara Jalan Tambak arah Proklamasi dan arus Jalan Pramuka arah Proklamasi.

Kemacetan terjadi karena banyak pengendara yang belum mengetahui adanya rekayasa lalu lintas pasca-dibukanya underpass Matraman tersebut.

Baca: Diuji Coba Pagi Ini, Underpass Matraman-Salemba Sudah Bisa Dilewati Kendaraan

Dalam rekayasa lalu lintas, dari Manggarai yang akan menuju ke arah Barat atau Timur (Jalan Diponegoro) diarahkan melalui Jalan Proklamasi-Penataran-Diponegoro, selanjutnya belok kanan di simpang Tambak melalui Jalan Matraman Dalam, lalu ma┼čuk underpass (lurus ke Pramuka dan kanan ke Jatinegara).

Jika sebelumnya pada ruas Jalan Proklamasi mulai dari Simpang Megaria sampai dengan Simpang Jalan Proklamasi-Jalan Penataran diberlakukan sistem satu arah dari Utara (Simpang Megaria) menuju Selatan (Simpang Jalan Proklamasi, Jalan Penataran), kini mulai Simpang Jalan Proklamasi-Jalan Penataran sampai dengan Simpang Jalan Tambak, diberlakukan lalu lintas dua arah.

Kendaraan roda dua yang mencoba memotong jalan di sekitar simpang Tambak ke arah Pramuka, semakin membuat arus lalu lintas macet parah.

Baca: Sandiaga Uno Ingin Kali Ciliwung di Condet Jadi Wisata Air

Pengendara mengungkapkan kekecawaannya atas sosialisasi yang dinilai kurang, sehingga masyarakat banyak yang tidak mengetahui rekayasa lalu lintas yang baru.

"Biasanya kalau dari Pramuka ke arah Salemba satu arah lewat Proklamasi, tapi sekarang jadi dua arah ditambah banyak motor yang motong makin tambah macet. Lebih baik seperti dulu satu arah, kalau seperti ini justru makin macet," tutur Yoga Aliantara (30), salah satu pengendara, Selasa (10/4/2018).

Kata Yoga, kemacetan terjadi hingga Jalan Pemuda Rawamangun. Ia berharap arus lalu lintas segera dibenahi.

"Kalau arus lalu lintasnya seperti ini, bakal macet parah. Ini baru pagi, gimana nanti kalau sore hari. Saya harap pihak terkait, khususnya Dishub, dapat mengkaji ulang arus lalu lintas ini," katanya. (*)

Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved