Enam Siswa SMA Disabilitas Ikuti Ujian Nasional

Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer SMA tak hanya diikuti oleh siswa normal, namun siswa berkebutuhan khusus juga ikut menjadi peserta.

Enam Siswa SMA Disabilitas Ikuti Ujian Nasional
Muhammad Azzam
Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMA tidak hanya diikuti oleh siswa normal, namun siswa berkebutuhan khusus juga ikut menjadi peserta ujian nasional tersebut. 

Laporan Muhamad Azzam

WARTAKOTA, JATINEGARA - Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMA tidak hanya diikuti oleh siswa normal, namun siswa berkebutuhan khusus juga ikut menjadi peserta ujian nasional tersebut.

Ada enam siswa berkebutuhan khusus di SMAN 54 Rawabunga, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur yang turut mengikuti ujian nasional tersebut.

Kepala Sekolah SMAN 54 Acep Mahmudin mengatakan, enam orang siswa tersebut memiliki masalah fisik berbeda.

Tiga orang autis, satu orang tuna netra, satu tuna runggu, dan satu low vision.

Untuk satu siswa low vision dan satu siswa tuna netra akan ditempatkan ke ruang khusus dan akan didampingi saat mengerjakan soal. Untuk keempat siswa berkebutuhan khusus lainnya, melakukan ujian capur dengan siswa lainnya.

"Mereka berdua yang ujian di ruangan khusus tidak menggunakan komputer tetapi Ujian Nasional berbasis Kertas dan Pensil (UNKP), soal baru di download di website Kementerian Pendidikan saat pagi-pagi, selesai mengerjakan soal akan langsung dibakar,"tutur Acep.

Untuk siswa yang tuna runggu, saat ujian listening akan diganti dengan reading.

"Alhamdulillah keberadaan mereka tidak menganggu anak-anak lainnya,"ujarnya.

Ace mengatakan selama ini mereka dapat mengikuti pelatihan dengan baik, para siswa berkebutuhan khusus pun bahkan memiliki semangat yang tinggi dalam belajar.

"Mereka semangat dan rajin ya. Mereka bisa mengikuti, kami sekolah tidak membeda bedakan, kita perlaku seperti siswa normal pada umumnya. Siswa lainnya pun menyemangati dan membantu mereka,"paparnya.

Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help