Ini Dia Empat Skenario Mengatasi Macet Selama Asian Games 2018

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyebut pihaknya akan menyiapkan jalur khusus untuk kendaraan atlet Asian Games 2018.

Ini Dia Empat Skenario Mengatasi Macet Selama Asian Games 2018
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Bus Royaltrans yang merupakan bus official Asian Games 2018, berderet rapi saat digunakan oleh media untuk meninjau kesiapan venue-venue Asia Games 2018 di Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (3/4/2018). 

WARTA KOTA, GAMBIR -- Kemacetan merupakan salah satu masalah yang terus dibahas oleh Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (Inasgoc) dan Pemprov DKI Jakarta dalam menghadapi Asian Games 2018.

Wakil Kepala Dinas Per­hubungan (Dishub) Sigit Wijatmoko mengemukakan bahwa ada empat skenario yang akan diusulkan kepada Menteri Perhubungan terkait pengaturan lalu lintas Asian Games 2018.

"Yang pertama adalah buka tutup jalan pada saat rombongan atlet dan official melintas, baik itu di jalan tol atau di jalan non-tol," kata Sigit dalam rapat progress Asian Games 2018 di ruang Bappeda DKI Jakarta, Jumat (6/4).

Bus Royaltrans yang merupakan bus official Asian Games 2018, berderet rapi saat digunakan oleh media untuk meninjau kesiapan venue-venue Asia Games 2018 di Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (3/4/2018).
Bus Royaltrans yang merupakan bus official Asian Games 2018, berderet rapi saat digunakan oleh media untuk meninjau kesiapan venue-venue Asia Games 2018 di Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (3/4/2018). (Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha)

Selain itu pembatasan lalu lintas angkutan barang akan diperluas dengan menambahkan beberapa titik lagi.

"Yang saat ini hanya luas Tomang-Cawang-Pluit dan Tomang-Kembangan menjadi ruas tol Cawang-Tomang-Pluit, ruas tol Tomang-Kembangan, ruas tol Pelabuhan, ruas tol Cawang-Tanjung Priok, ruas tol Cawang-Taman Mini dan ruas tol Cawang-Cikunir. Mulai pukul 22.00 sampai 05.00," jelas Sigit.

Selain itu pembatasan ganjil-genap juga akan diperluas dengan menambah cakupan titik yang diberlakukan ganjil-genap.

"Yang saat ini sudah dilaksanakan di on ramp tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur, tertanggal 16 april 2018 akan mulai diujicobakan untuk on ramp tol di Cibubur," tuturnya.

Dan yang terakhir adalah dengan memberlakukan sistem ganjil-genap di seluruh tol dalam kota yang akan dilalui kendaraan pribadi.

"Yang keempat adalah pemberlakuan kebijakan ganjil genap bagi kendaraan pribadi di seluruh tol dalam kota, yang meliputi Cawang, Tomang, Pluit, Cawang-Tanjung Priuk, dan tol Pelabuhan," jelas Sigit.

Jalur khusus
Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya (PMJ), Kombes Pol Halim Pagarra, menyebut pihaknya akan menyiapkan jalur khusus untuk kendaraan atlet Asian Games 2018.

"Kami akan memberikan jalan prioritas atau jalur khusus untuk kendaraan atlet termasuk di jalan tol. Khusus di tol, jalur khusus akan kami sediakan di lajur kiri," kata Halim ketika dikonfirmasi, Jumat (6/4).

Penerapan jalur khusus tersebut telah dilakukan survei pada test event Asian Games beberapa waktu lalu. Namun, pihaknya akan terus melakukan berbagai evaluasi.

"Jalur itu khususnya dari Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat ke Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat, dan beberapa venue lainnya," kata Halim.

Pihaknya juga akan melakukan rekayasa lalu lintas secara situasional. Salah satunya dengan melakukan penutupan jalur. (m14/dwi/suf)

Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help