Kasus First Travel

Bos First Travel Gelontorkan Rp 12 Miliar untuk Sponsori Festival Budaya Indonesia di London

Setelah membeli restoran di London, kata Usya, Andika beberapa kali datang ke restoran bersama Anniesa dan keluarganya.

Bos First Travel Gelontorkan Rp 12 Miliar untuk Sponsori Festival Budaya Indonesia di London
Warta Kota/Budi Sam Law Malau
Pasangan suami istri bos First Travel usai mengikuti sidang, Senin (2/4/2018). 

WARTA KOTA, DEPOK - Bos First Travel Andika Surachman ternyata pernah menjadi sponsor acara Festival Budaya Indonesia bertajuk 'Hello Indonesia' di Trafalgar Square, pusat kota London, Inggris, Agustus 2016.

Hal itu terungkap dalam kesaksian Usya Soemarti Soeharjono, warga Indonesia yang tinggal di London, dalam sidang lanjutan skandal First Travel, di Pengadilan Negeri (PN) Depok, Senin (2/4/2018).

Karenanya, kata Usya, jumlah uang yang dikirim Andika ke rekening dirinya bukan hanya Rp 12 miliar untuk pembelian Restoran Golden Day di London, sekaligus renovasi bangunan dan interior serta operasional restoran.

Baca: Fredrich Yunadi: Orang yang Punya Ring 16 Jarang Loh di Indonesia

Uang Rp 12 miliar ditransfer ke Usya empat kali pada Februari 2015, 5 Maret 2015, 13 Maret 2015, dan 29 November 2015. Setelah itu, Usya menerima transferan dana hingga Rp 12 miliar dari Andika. Sehingga, total dana yang dikirim Andika ke Usya mencapai Rp 24 miliar.

"Sesuai keterangan dari PPATK, dana yang dikirim dari Andika ke Saudara sebanyak Rp 24 miliar. Sementara untuk restoran, renovasi, dan sebagainya hanya Rp 12 M," kata Jaksa dalam sidang.

Usya menjawab, dana Rp 12 miliar lainnya dari Andika, adalah untuk sponsor acara Festival Budaya Indonesia di London bertajuk 'Hello Indonesia', serta biaya jalan-jalan Andika ke Inggris dan keliling Eropa.

Baca: Galian Kabel PLN Bikin Jalan Penjernihan Raya Makin Macet

"Jadi dana lebihnya untuk sponsor Hello Indonesia dan biaya beliau serta keluarga jalan-jalan ke Eropa," jelas Usya.

Bahkan, karena besarnya pengorbanan Andika dalam acara Festival Budaya yang digagasnya, Usya mengaku memberikan apartemennya ke Andika pada Maret 2016.

Halaman
123
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help