Tak Hanya Dukcapil, Polisi Juga Buka Layanan Pengaduan

Pihak Polsek Kembangan pun, turut serta membuka pelayanan pengaduan, untuk korban kebakaran di lokasi.

Tak Hanya Dukcapil, Polisi Juga Buka Layanan Pengaduan
Warta Kota/Panji Baskhara Ramahan
Korban kebakaran saat mengurus surat-surat yang hilang karena terbakar di pos pengaduan Polsek Kembangan, Senin (2/4). 

WARTA KOTA, KEMBANGAN -- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) DKI Jakarta, buka pelayanan pengurusan dokumen penting untuk korban kebakaran di Perumahan Taman Kota, Kembangan, Jakarta Barat, dan kawasan Jembatan Besi, Jakarta Barat pada Senin (2/4) pagi.

Pihak Polsek Kembangan pun, turut serta membuka pelayanan pengaduan, untuk korban kebakaran di lokasi.

"Kami, dari Polsek Kembangan bersama pihak Disdukcapil DKI Jakarta membuka pelayanan pengurusan dokumen kependudukan dan juga pelayanan pengaduan untuk korban kebakaran di Kawasan Perumahan Taman Kota RT 16/05 Kelurahan Kembangan Utara. Tujuannya, untuk mempermudah para korban kebakaran, dalam mengurus surat-surat berharganya, yang telah hangus terbakar," papar Kapolsek Kembangan, Kompol Supriadi.

Hal ini, juga mempermudah korban kebakaran, agar tidak perlu jauh-jauh datangi langsung ke Polsek Kembangan, ke Kelurahan, Kecamatan, atau ke Kantor Suku Dinas (Sudin) Dukcapil di Jakarta Barat.

"Pelayanan ini langsung dil okasi kebakaran ya dan kalau seperti ini, masyarakat lebih mudah untuk dapatkan laporan surat-surat pentingnya itu. Berdasarkan data dterima, kami pun sudah menerima laporan kehilangan, 20 laporan. Lalu ada laporan kehilangan Kartu Tanda Penduduk (KTP) ada 129 pemohon. Untuk laporan Kartu Keluarga (KK) ada 34 laporan, dan untuk surat nikah ada 25 laporan, serta permohonan nikah (Blangko N1) sebanyak 1 laporan," tuturnya.

Sementara, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kadisdukcapil) DKI Jakarta, Edison Sianturi, menerangkan, pelayanan bagi korban kebakaran untuk mengurusi dokumen-dokumennya yang hilang atau hangus terbakar tak hanya di Kembangan Utara. Tetapi, layanan ini juga dilakukan pihaknya di lokasi kebakaran di Jalan Jembatan Besi, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat.

"Kami juga lakukan di Jembatan Besi. Namun, terbanyak ada di lokasi kebakaran yang ada di Kelurahan Kembangan Utara. Kebanyakan, dari mereka memohon mengurus dokumennya ada yang hilang dan hangus terbakar. Langsung di lokasi kebakaran kami buka layanan, dan juga saat itu langsung jadi. Mau itu KTP, KK, atau ya Akta Kelahiran. Ini bentuk mempermudah para korban bencana kebakaran," jelas Edison.

Sementara itu, salah seorang warga yang kini mendapat pelayanan dari Disdukcapil DKI, Liza Darmayanti (40), yang korban kebakaran di RT 005/005 Kelurahan Kembangan Utara berucap syukur, lantaran berbagai surat serta dokumen kependudukannya kini telah kembali.

"Setidaknya KTP, KK, Akta, dan juga surat-surat penting lainnya bisa terurus cepat pak. Saat ini yang ngurus enggak hanya Disdukcapil saja ya di lokasi, namun bapak polisi turut bantu data-data warga yang sama seperti saya alami saat ini pak. Sudah jadi semua langsung tercetak di lokasi pendataan. Enggak perlu lagi ya nunggu berhari-hari," jelasnya. (BAS)

Penulis: Panji Baskhara Ramadhan
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved