iPrice Group Membuat Berita Bohong soal Berita Mudik, AJI: Informasi Menyesatkan Dapat Dipidana

Pada Kamis (29/3/2018) ada berita soal mudik yang disiapkan oleh Grab bekerja sama denan iPrice Group.

WARTA KOTA, PALMERAH---Pada Kamis (29/3/2018) ada berita soal mudik yang disiapkan oleh Grab bekerja sama denan iPrice Group.

Ternyata berita mudik menggunakan delman dan helikopter itu adalah informasi bohong yang diberikan oleh iPrice Group.

"Mengenai informasi kampanye April Mop yang iPrice lakukan, saya secara pribadi dan tim marketing iPrice Group mau minta maaf. Jujur, hal ini kami lakukan untuk sekadar meramaikan momen April Mop yang sebentar lagi akan datang," kata Andrew Prasatya, Content Marketing Lead iPrice Group.

Saat dikonfirmasi, manajemen Grab Indonesia menegaskan tidak menjalin kerja sama dengan iPrice terkait Grab Mudik jelang bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 2018.

"Kami tegaskan bahwa Grab tidak pernah menjalin kerja sama dengan pihak iPrice dan tidak pernah menerima informasi mengenai rencana penggunaan nama brand maupun atribusi kepada Ridzki Kramadibrata selaku Managing Director Grab Indonesia dalam siaran pers yang dikirimkan iPrice kepada media-media di Indonesia dengan tujuan kampanye mereka," kata Public Relations Manager Grab Indonesia Dewi Nuraini kepada Kontan.co.id pada Sabtu (31/3/2018).

Dewi mengatakan, pihaknya telah menghubungi manajemen iPrice untuk meminta klarifikasi mengenai pengiriman siaran pers yang telah disebarkan kepada rekan-rekan media di Indonesia.

"Mohon diabaikan saja informasinya. Siaran pers yang buat pihak iPrice itu tanpa sepengetahuan dan seizin kami dan isinya semua tidak benar," kata Dewi, Sabtu (31/3/2018).

Abdul Manan, Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia, mengatakan, informasi yang menyesatkan dan merugikan pihak tertentu dapat dipidanakan.

"Tugas sebagai wartawan adalah mengingatkan agar hal itu tidak dilakukan. Sebab kalau ada orang yang tersinggung, itu bisa jadi kasus pidana. Membuat informasi palsu," kata Abdul.

Abdul mengatakan,, dalam kasus ini pihak yang dirugikan adalah pihak Grab Indonesia maupun masyarakat umum.

Ardian Taufik Gesuri, Pimpinan Redaksi Kontan.co.id, mengatakan, sesuai UU Pers, media wajib menyampaikan berita yang benar, jujur dan sesuai fakta. Itu sebabnya, redaksi Kontan.co.id merasa keberatan atas tersebarnya pemberitaan ini.

Kontan.co.id/Barratut Taqiyyah Rafie, Maizal Walfajri 

Berita ini sudah diunggah di Kontan.co.id dengan judul Sebarkan Berita Bohong, iPrice Berdalih April Mop

Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved