Banyak Dikeluhkan, Sri Mulyani Siap Perbaiki Sistem Pelaporan Pajak

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengakui sistem yang digunakan untuk pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) pajak masih mengalami banyak kendala.

Banyak Dikeluhkan, Sri Mulyani Siap Perbaiki Sistem Pelaporan Pajak
TRIBUNNEWS/APFIA TIOCONNY BILLY
Menteri Keuangan Sri Mulyani melakukan inspeksi mendadak di hari terakhir pelaporan SPT di Kantor Pajak Madya Jakarta Pusat, Sabtu (31/3/2018). 

WARTA KOTA, GAMBIR - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengakui sistem yang digunakan untuk pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) pajak masih mengalami banyak kendala.

Oleh karena itu, Sri Mulyani mengaku akan mengevaluasi sistem yang digunakan, khususnya website yang digunakan untuk pelaporan SPT, yang dikeluhkan para wajib pajak kerap tidak bisa dibuka.

"Jadi kita tetap akan evaluasi semua dari sistem, apakah ini persoalan jaringan ataukah ini masalah sistem yang kita gunakan untuk e-filling," kata Sri Mulyani di KPP Madya, Jakarta Pusat, Sabtu (31/3/2018).

Baca: Nelayan Pulau Seribu Butuh Garam Murah

Menkeu juga akan mengevaluasi strategi yang digunakan untuk menarik lebih banyak wajib pajak, apakah tetap diadakan pelaporan menggunakan SPT secara manual, atau semuanya secara online.

"Atau bahkan evaluasi dalam strategi kita untuk mengarahkan dari para wajib pajak, apakah menggunakan manual ataukah menggunakan e-form dulu, tidak harus semua masuk," tutur Sri Mulyani.

Mantan Direktur Pelaksana Bank dunia itu menuturkan, segala evaluasi dilakukan untuk terus meningkatkan jumlah wajib pajak orang pribadi yang melaporkan SPT.

Baca: Kader dan Pimpinan Partai Golkar yang Jadi Tersangka Bakal Dapat Bantuan Hukum

Sri Mulyani pun menyampaikan terima kasih kepada para wajib pajak yang telah memenuhi kewajiban untuk melaporkan SPT tahunan.

"Karena membayar pajak adalah penting untuk negara. Dan saya berterima kasih sebagai Menkeu atas nama Ditjen Pajak, kepada seluruh pembayar pajak Indonesia yang sudah secara patuh memenuhi kewajiban pembayaran pajak," papar Sri Mulyani. (Apfia Tioconny Billy)

Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help