ASTRABI Gelar Workshop Videografi Silat Tradisi

ASTRABI akan menggelar kegiatan bertajuk 'Workshop Videografi Silat Tradisi', di GOR Bulutangkis Cendrawasih, Minggu (1/4/2018).

ASTRABI Gelar Workshop Videografi Silat Tradisi
WARTA KOTA/IGN AGUNG NUGROHO
Asosiasi Silat Tradisi Betawi Indonesia (ASTRABI) akan menggelar kegiatan bertajuk 'Workshop Videografi Silat Tradisi', di GOR Bulutangkis Cendrawasih, Cengkareng, Jakarta Barat pada hari Minggu (1/4/2018). 

WARTA KOTA, PALMERAH -- Asosiasi Silat Tradisi Betawi Indonesia (ASTRABI) akan menggelar kegiatan bertajuk 'Workshop Videografi Silat Tradisi', di GOR Bulutangkis Cendrawasih, Cengkareng, Jakarta Barat, Minggu (1/4/2018).

Untung P. Napis, Sekjen ASTRABI, menjelaskan, kegiatan ini untuk memberikan ilmu bagi para anggota ASTRABI tentang teknik pengambilan gambar video berstandar jurnalistik dengan memanfaatkan fitur kamera pada smartphone seputar aktivitas seni bela diri pencak silat.

"Dengan penguasaan teknik merekam, editing, dubbing (narasi) dan pengisian musik latar secara benar, diharapkan para praktisi silat tradisi mampu menghasilkan rekaman kreasi silat mereka yang memiliki daya jual lewat kanal sosial seperti Youtube," kata Untung kepada Warta Kota, Rabu (28/3/2018) lalu.

Kegiatan yang akan digelar mulai pukul 09.00 - selesai itu, juga akan mengajarkan para praktisi silat, bagaimana membuat dan menentukan alur cerita, penataan gerak (koreografi) dan penataan musiknya. Sesi akan menghadirkan narasumber dari para praktisi pertelevisian nasional.

Sementara, materi silat tradisi akan dibawakan oleh Parso Adiyanto, penata gerak & musik tim silat Indonesia pada berbagai festival pencak silat dunia di berbagai negara seperti Belgia, Belanda, Thailand, Malaysia, Brunei, Turki dan Korea Selatan.

Sekadar diketahui, lahirnya Perda DKI Jakarta no.4/2015 tentang Pelestarian Budaya Betawi, membutuhkan kesiapan para pelaku seni budaya termasuk silat tradisi.

"Lewat event seperti ini ASTRABI mencoba membuktikan bahwa konsep pelestarian seni budaya bisa berjalan baik bila disertai peningkatan kualitas dan kemampuan para pelakunya," kata Untung.

Penulis: Ign Agung Nugroho
Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved