Home »

News

» Jakarta

Anggota Damkar yang Terbakar Tugasnya Menyelamatkan Korban yang Terjebak Api

Kenekatan kedua anggota saat menolong dua korban dengan cara melepas jaket anti api dan dikenakan ke korban.

Anggota Damkar yang Terbakar Tugasnya Menyelamatkan Korban yang Terjebak Api
Warta Kota/Panji Baskhara Ramadhan
Kembangan Utara, Kembangan, Jakarta Barat, kini nyaris rata dengan tanah setelah terbakar pada Kamis (29/3/2018) malam. 

Laporan Wartawan Warta Kota, Panji Baskhara Ramadhan

WARTA KOTA, KEMBANGAN -- Salah satu anggota Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Kota Administrasi Jakarta Barat yakni M Rifai Hadi, alami luka bakar sekitar 60 persen.

Menurut Kepala Seksi (Kasie) Pengedali Kebakaran Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Barat, Rompis Romlih, hingga kini Rifai belum sadarkan diri.

"Anggota kami, ada dua orang yang alami luka bakar, yakni Novi dan M Rifai Hadi. Novi, alami luka bakar sekitar 20 persen, sementara itu, M Rifai Hadi alami luka bakar 60 persen. M Rifai, juga sempat dibawa ke Rumah Sakit (RS) Puri Kembangan bersama Novi, dan saat ini masih tak sadarkan diri (M Rifai Hadi)," papar Rompis kepada Warta Kota, Jumat (30/3/2018).

Rompis mengatakan, Novi saat ini membaik di RS Puri Kembangan.

Sementara, untuk M Rifai Hadi yang sempat juga dirujuk ke RD Insani di Depok, Jawa Barat, kini baru usai pelaksanaan operasi di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat.

Dua anggota Pemadam Kebakaran jadi korban kala lakukan pemadaan api yang membakar di pemukiman padat penduduk, tepatnya wilayah Perumahan Taman Kota Blok A-10, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat.
Dua anggota Pemadam Kebakaran jadi korban kala lakukan pemadaan api yang membakar di pemukiman padat penduduk, tepatnya wilayah Perumahan Taman Kota Blok A-10, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat. (Warta Kota/Panji Baskhara Rhamadhan)

"Untuk M Rifai Hadi, kondisinya membaik, usai dilakukan operasi di Lantai IV RSCM. Lalu Novi pun sudah membaik di RS Puri Kembangan. Di kejadian ini, keduanya itu memang alami luka bakar lantaran membuka jaket anti api mereka untuk menolong korban kebakaran di RT 01-16 RW 05, Perumahan Taman Kota Blok A-1, yang di Kembangan, semalam," jelas Rompis.

Dikatakan Rompis keberanian dua anggotanya tersebut, patut ditiru oleh anggota damkar lain di Jakarta Barat.

Menurutnya, dua anggotanya tak memikirkan keselamatan diri sendiri, tetapi lebih memilih selamatkan korban kebakaran di lokasi kala itu.

"Kalau untuk anggota yang memadamkan api, memang ada tugasnya. Tapi, dua anggota kita ini (Novi dan M Rifai Hadi), memang bertugas menyelamatkan korban terjebak di kerumunan api. Saat kejadian, keduanya masuk ke sebuah rumah warga yang kondisinya sudah dikepung api," katanya.

Halaman
12
Penulis: Panji Baskhara Ramadhan
Editor: murtopo
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help