Home »

News

» Jakarta

Pagar Kali Baru Hilang Dicuri

Berada jauh di ujung Jakarta, pagar besi yang memisahkan Kali Baru dengan Jalan Raya Bogor, tak terawat.

Pagar Kali Baru Hilang Dicuri
WARTA KOTA/DWI RIZKI
Kondisi pagar Kali Baru di seberang Mall Graha Cijantung, Pasar Rebo, Jakarta Timur, Rabu (28/3/2018). Pagar yang memisahkan Kali Baru dengan Jalan Raya Bogor itu roboh akibat tanah longsor. 

WARTA KOTA, PASAR REBO - Berada jauh di ujung Jakarta, pagar besi yang memisahkan Kali Baru dengan Jalan Raya Bogor, tak terawat.

Pagar besi banyak berlubang karena dicuri, taman yang berada di sepadan Kali Baru pun longsor. Pemandangan buruk tersebut terlihat saat Warta Kota kembali melintasi Jalan Raya Bogor dari arah Ciracas menuju Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (28/3/2018).

Hilangnya pagar besi sudah terlihat dari Jembatan Gongseng atau seberang Gelanggang Olahraga (GOR) Ciracas, sejumlah baris pagar sepanjang lebih dari 20 meter hilang.

Baca: Ngobrol dengan Penyerang Gereja, Buya Syafii Maarif: Ini Salah Satu Contoh Kebiadaban Manusia

Kondisi serupa pun terlihat di seberang Masjid Baitul Muttaqien, lokasi yang dikenal sebagai lokalisasi liar kalangan waria. Pagar terlihat dipotong pada beberapa titik terpisah, sebagai akses keluar masuk taman yang berada di pinggir kali.

Heri (45), warga Kampung Pule RT 05/06 Cijantung, Pasar Rebo, Jakarta Timur mengungkapkan, pencurian pagar sudah lama terjadi, pagar besi bahkan dipotong secara terang-terangan oleh pemulung pada malam hari.

"Ya dicolong orang, kan lumayan itu besinya ukuran 12 (milimeter). Sekilo sekarang empat ribu, kalo selonjor (ruas besi) sepuluh kilo, kan udah lumayan," ungkapnya ringan.

Pagar besi di Jembatan Gongseng atau seberang Gelanggang Olahraga (GOR) Ciracas. Sejumlah baris pagar sepanjang lebih dari 20 meter hilang dicuri.
Pagar besi di Jembatan Gongseng atau seberang Gelanggang Olahraga (GOR) Ciracas. Sejumlah baris pagar sepanjang lebih dari 20 meter hilang dicuri. (WARTA KOTA/DWI RIZKI)

Namun, ketika ditanyakan alasan warga tidak mencegah, dirinya menunjuk proyek Perumahan Prajawangsa City yang berada tidak jauh dari lokasi. Dirinya menilai proyek tersebut juga mencuri pagar lewat pembangunan jembatan perumahan pribadi.

"Kalau cuma selonjor-dua lonjor mah kecil, biarin aja. Justru itu perumahan yang harus lihat, nyolong pager 20 meteran enggak diapa-apain, malahan tamannya juga diambil buat jembatan. Ada yang aneh," tuturnya.

Tidak hanya hilang karena dicuri, rusaknya pagar juga terlihat karena longsor, seperti pagar di seberang Mall Graha Cijantung dan Pasar Induk Kramat Jati. Bahkan, lokasi longsor belum diperbaiki, tanah di sisi trotoar pun mulai mengalami erosi. (*)

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help