Krisis Semenanjung Korea

Kim Jong Un Naik Kereta Lapis Baja Korut untuk Bertemu Presiden China

Kunjungan Kim Jong Un ke China sebagai langkah konsultasi menjelang pertemuan dengan Presiden Korsel Moon Jae In dan Presiden AS Donald Trump.

Kim Jong Un Naik Kereta Lapis Baja Korut untuk Bertemu Presiden China
vknews.in
PEMIMPIN diktator Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden China Xi Jinping. 

WARTA KOTA, BEIJING --- Berbagai spekulasi dan teka-teki keberadaan kereta api berwarna hijau berlapis baja milik Korea Utara di Stasiun Beijing terjawab sudah. Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong un memang naik kereta tersebut ke Beijing untuk bertemu Presiden China Xi Jinping.

Kim memenuhi undangan dari Xi Jinping untuk melakukan kunjungan tidak resmi ke China, sejak Minggu (25/3/2018) hingga Rabu (28/3/2018).

Dilansir dari Xinhua, selama kunjungan tersebut, Xi mengadakan pembicaraan dengan Kim di Aula Besar Rakyat di Beijing. Xi dan istrinya, Peng Liyuan, menyambut kehadiran Kim dan istrinya, Ri Sol Ju, dengan menyaksikan pertunjukan seni bersama.

Baca: Ini Tanda-tanda Kedatangan Kim Jong Un dengan Kereta Bajanya di China

IRING-IRINGAN mobil di sepanjang Changan Avenue, sebuah jalan di Beijing, Selasa, 27 Maret 2018.
IRING-IRINGAN mobil di sepanjang Changan Avenue, sebuah jalan di Beijing, Selasa, 27 Maret 2018. (AP via Kompas.com)

Selama pertemuan, Xi menghargai Kim yang mengiriminya pesan ucapan selamat setelah dirinya terpilih kembali menjadi presiden China dan ketua Partai Komunis. Xi mengatakan, kunjungan Kim ke China mengandung arti penting bagi hubungan kedua negara.

"Kami sangat menghargai kunjungan ini," kata Xi kepada Kim.

Xi menekankan pada persahabatan tradisional antara China dan Korea Utara yang harus terus dikembangkan. Keduanya juga sepakat untuk menjalin hubungan jangka panjang dan memberikan kontribusi pada perdamaian.

"Kami bersedia bekerja sama dengan rekan-rekan dari Korea Utara, untuk mempromosikan pembangunan hubungan China-Korea Utara yang sehat dan stabil," ucap Xi.

Baca: Kereta Baja Korut Ini Muncul di China, Ada Kim Jong Un?

Sementara itu, Kim menyebut situasi di Semenanjung Korea mengalami perkembangan pesat dan banyak perubahan penting telah terjadi.

Halaman
12
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved