Krisis Semenanjung Korea

Kim Jong Un: Denuklirisasi Korut Akan Terjadi Asal Korsel dan AS Lakukan Ini

Pemimpin Korut berusia 36 tahun itu mengatakan, denuklirisasi merupakan wasiat dari mendiang ayah dan kakeknya, Kim Jong Il dan Kim Il Sung.

Kim Jong Un: Denuklirisasi Korut Akan Terjadi Asal Korsel dan AS Lakukan Ini
CCTV/AFP via Kompas.com
GAMBAR ini diambil dari rekaman video yang dirilis oleh China Central Television (CCTV) pada Rabu (28/3/2018), yang menunjukkan Presiden China Xi Jinping (kanan) dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un berjabat tangan selama pertemuan mereka di Beijing pada Selasa (27/3/2018). 

Bertemu Xi Jinping, Kim Jong Un Tegaskan Komitmen Denuklirisasi

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bertemu Xi Jinping, Kim Jong Un Tegaskan Komitmen Denuklirisasi", https://internasional.kompas.com/read/2018/03/28/11233031/bertemu-xi-jinping-kim-jong-un-tegaskan-komitmen-denuklirisasi.
Penulis : Ardi Priyatno Utomo
Editor : Ardi Priyatno Utomo

WARTA KOTA, BEIJING --- Kunjungan Pemimpin Korea Utara ( Korut) Kim Jong Un ke China memenuhi undangan Presiden Xi Jinping tidak sekadar bentuk usaha untuk mempertahankan hubungan kedua negara.

Dilansir Yonhap Rabu (28/3/2018), kunjungan Kim juga terjadi di tengah rencana besar perundingan tingkat tinggi dengan Korea Selatan ( Korsel), dan Amerika Serikat ( AS).

Baca: Demi Pererat Hubungan, Ini Poin-poin Usulan Xi Jinping untuk Kim Jong Un

Kim dijadwalkan bertemu dengan Presiden Korsel Moon Jae In pada akhir April, sebelum melakukan perundingan dengan Presiden AS Donald Trump di Mei mendatang.

Pertemuan Kim dan Xi mempunyai dua implikasi strategis. Bagi Korut, mereka bisa mengamankan pengaruh diplomatik jelang pertemuan dengan Seoul dan Washington. Adapun bagi Negeri "Panda", mereka bisa mengambil posisi sebagai mediator untuk menyelesaikan isu program nuklir Korut.

Dikutip dari Xinhua, Kim memberi tahu Xi kalau situasi di Semenanjung Korea mulai menunjukkan perkembangan positif pasca-dirinya memberi proposal perdamaian.

"Komitmen saya tidak berubah. Saya akan tetap melakukan denuklirisasi," kata Kim kepada Xi.

Baca: Kim Jong Un Naik Kereta Lapis Baja Korut untuk Bertemu Presiden China

Halaman
12
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved