Kereta Baja Korut Ini Muncul di China, Ada Kim Jong Un?

Kereta lapis baja yang awaknya sebagian diisi sejumlah perempuan cantik ini biasanya digunakan pemimpin Korut untuk berkunjung ke negara lain.

Kereta Baja Korut Ini Muncul di China, Ada Kim Jong Un?
AP/CNN via Kompas.com
KERETA api berlapis baja ini diyakini membawa mendiang pemimpin Korea Utara Kim Jong Il ke China pada Agustus 2010. 

WARTA KOTA, PYONGYANG --- Sebuah kereta berwarna hijau dikabarkan tiba di Stasiun Beijing, China, Senin (26/3/2018), memicu spekulasi mengenai kemungkinan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un berkunjung ke negeri itu.

Dilansir dari CNN, Selasa (27/3/2018), kereta bergaya kuno dengan garis horizontal kuning tersebut pernah dipakai oleh ayah Kim Jong Un, Kim Jong Il, untuk bepergian ke luar negeri.

Kim Jong Il dan pendahulunya, Kim Il Sung, kerap bepergian dengan kereta api berlapis baja untuk berkunjung ke negara sekutu mereka, China dan Rusia.

Baca: Jelang Pertemuan dengan AS, Korut Malah Uji Coba Reaktor Nuklir Anyar

Perjalanan terakhir dengan kereta diketahui terjadi pada Agustus 2011 atau beberapa bulan sebelum kematian Kim Jong Il. Dia mengunjungi Moskwa untuk bertemu dengan Presiden Dmitry Medvedev.

Mantan diplomat Rusia, Konstantin Pulikovsky, pernah mengeluarkan memo rahasia internal terkait kunjungan Kim ke Rusia pada 2001. Menurutnya, awak kereta diisi oleh perempuan-perempuan cantik.

Sepanjang perjalanan, beberapa kali kereta berhenti untuk mengambil kiriman lobster hidup, wine Bordeaux dan Burgundy. Selama jamuan makan malam di kereta yang berlangsung lebih dari 4 jam, para tamu dan konduktor menyanyikan lagu-lagi propaganda Rusia dan Korea.

Baca: Swedia Akan Jadi Lokasi Pertemuan AS dan Korut?

Surat kabar Korea Selatan, Chosun Ilbo, pada 2009 melaporkan, ketika kereta api digunakan untuk bepergian di sekitar Korea Utara, dua kereta api lainnya berada di samping kanan dan kiri. Kedua kereta tersebut diturunkan untuk meninjau situasi, sementara satu lainnya untuk pengamanan.

"Kereta api Kim berlapis baja dan juga ada ruang koferensi, ruang penonton, dan kamar tidur," tulis surat kabar tersebut.

"Ada koneksi telepon satelit, televisi layar datar dipasang sehingga pemimpin Korea Utara dapat diberi pengarahan dan mengeluarkan perintah," tambahnya. (Veronika Yasinta)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kereta Lapis Baja Bawa Para Pemimpin Korut Lawatan ke China dan Rusia"

Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved