Pelatihan OK OCE Didominasi Peserta Usia Lanjut

Pelatihan OK OCE di Pusat Pelatihan Kerja Pengembangan Industri Pasar Rebo, Jakarta Timur didominasi peserta binaan berusia lanjut.

Pelatihan OK OCE Didominasi Peserta Usia Lanjut
Warta Kota/Dwi Rizki
Ketua Perkumpulan Gerakan OK OCE DKI Jakarta, Faransyah Jaya memberikan pelatihan OK OCE kepada 140 orang peserta didik Pusat Pelatihan Kerja Pengembangan Industri Pasar Rebo di Bengkel Otomotif, Komplek PPKPI Pasar Rebo, Jakarta Timur pada Selasa (27/3/2018). Para peserta diberikan pelatihan dasar dan manajemen usaha sebagai bekal berwirausaha. 

WARTA KOTA, PASAR REBO - Pelatihan OK OCE (One Kecamatan One Center for Entrepreneurship) yang digelar di Pusat Pelatihan Kerja Pengembangan Industri (PPKPI) Pasar Rebo, Jakarta Timur didominasi peserta binaan berusia lanjut.

Mereka memilih untuk berwirausaha karena terkendala regulasi usia.

Keinginan peserta binaan untuk berwirausaha diungkapkan Kepala PPKPI Pasar Rebo, Anwir Ismail sangat beralasan.

Sebab, diakuinya, peserta binaan berusia lanjut memiliki kesempatan kecil untuk diterima pada bidang sektoral lantaran terkendala usia.

"Kami di sini memang tidak pernah batasin umur warga untuk bisa ikut pelatihan, berapa pun akan diterima, asalkan ada kemauan untuk belajar dan bekerja. Saya melihat OK OCE ini jadi jawaban, karena banyak perusahaan punya batas maksimal umur, itu yang sering jadi pertimbangan," ungkapnya usai meninjau pelatihan OK OCE di Bengkel Otomotif, Komplek PPKPI Pasar Rebo, Pasar Rebo, Jakarta Timur pada Selasa (27/3/2018)

Baca: Lagi Mangkal, Puluhan Ojek Online Kocar-kacir Digeruduk Petugas Dishub

Karena itu, lanjutnya, jumlah peserta OK OCE yang semula mencapai sebanyak 340 orang itu kini menyusut hingga mencapai sebanyak 140 orang.

Hal itu dikarenakan banyaknya kalangan muda yang memilih untuk bekerja di perusahaan selepas lulus pelatihan.

"Pilihan memang kembali kepada masing-masing peserta, karena kita memang telah lama bekerjasama dengan perusahaan besar, khususnya bidang otomotif, seperti Hino dan Audi. Jadi memang wirausaha itu tidak bisa dipaksakan, harus dari keinginan sendiri," tutupnya.

Seperti diketahui, pelatihan OK OCE yang diikuti oleh sebanyak 140 orang peserta didik PPKPI Pasar Rebo itu didampingi langsung oleh Ketua Perkumpulan Gerakan OK OCE DKI Jakarta, Faransyah Jaya.

Dalam pertemuan kedua tersebut, para peserta diberikan pelatihan dasar dan manajemen usaha sebagai bekal berwirausaha. (dwi)

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help